Ruben Orang yang tertarik dengan dunia tulis menulis ;)

12 Tarian Adat Aceh yang Terpopuler Hingga Sekarang

tari laweut dari aceh

Tarian Adat Aceh – Peu haba ? Apa kabar ? Kali ini saya akan menjelaskan tentang tarian di daerah Aceh yang paling populer.

Tarian Aceh mempunyai gerakan yang berbeda dibandingkan tarian lain di daerah Indonesia. Bahkan tarian adat Aceh ini tidak hanya dikenal di dalam negeri, bahkan sudah go Internasional.

Kalian pasti sudah sangat akrab dengan Tari Saman, Tari Laweut, Tari Seudati. Semua itu merupakan tari adat dari daerah Aceh lho.

Sebenarnya tak hanya itu, masih ada banyak lagi tarian adat dari Aceh.

Tarian Aceh mengandung ciri-ciri seperti sarat akan nilai islam, terdiri oleh banyak orang, dan gerakannya merupakan gerakan pengulangan dari gerak rancak.

Tarian Adat Aceh Terpopuler

Penasaran dengan tarian adat Aceh selain tarian adat yang telah disebutkan, di bawah ini merupakan tarian adat dan keterangannya yang populer di daerah Aceh :

Tarian Adat Aceh Saman

tarian adat aceh saman
sumber : google image

Tari Saman adalah tari adat Aceh yang sangat kental dengan nuansa islam. Tari Saman ini adalah tari asal Indonesia yang sudah sangat mendunia.

Tari Saman sendiri berasal dari Aceh Tenggara dan merupakan tarian asli dari dataran tinggi Gayo, dimana daerah ini merupakan daerah asal suku Gayo.

Tari Saman ditetapkan oleh UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia pada tahun 2011. Tari Saman sendiri biasa ditampilkan saat perayaan Maulid Nabi, tarian ini mengandung akar-akar budaya dari campuran Islam dan Gayo.

Jika kamu pernah melihat tari Saman pastinya kamu tahu bahwa tari Saman tidak diiringi oleh musik seperti kebanyakan tari lain.

Hal inilah yang membuat tari Saman mempunyai ciri-nya tersendiri, suaranya berasal dari suara tepuk tangan para penarinya

Tari Adat Aceh Seudati

tarian adat aceh seudati
sumber : google image

Tari Seudati merupakan tari adat Aceh yang berasal dari daerah Aceh Utara dan Kabupaten Pidie.

Sebelum dikenal dengan nama Seudati, tarian ini sebelumnya bernama tari Ratoh, yang mempunyai makna penceritaan aspek sosial dan kemasyarakatan

Nilai islam yang terkandung dalam tarian ini juga terdapat pada namanya, tari Seudati sendiri berasal dari akar kata Syahadatayn atau dua kalimat syahadat

Tarian ini dulunya juga sebagai media dakwah para sunan yang ada di daerah Aceh, dengan penyampaian tarian yang indah dan gerakan kompak

Ciri khas dari tari Seudati adalah gerakan yang terkesan gembira saat seluruh bagian tubuh penarinya bergerak saat menarikan nya serta menggambarkan kebersamaan antara penarinya.

Tarian ini dibawakan oleh 8 orang penari yang mempunyai jabatan atau tugas masing-masing, tarian ini selain mempunyai ciri gembira juga agresif lho.

Selain tari Saman, tari Seudati juga sudah terkenal di Indonesia hingga mancanegara.

Tari Tarek Pukat

tari tarek pukat aceh
sumber : google image

Tari Tarek Pukat merupakan kesenian tradisional Aceh berupa seni tari yang terinspirasi dari budaya masyarakat pesisir pantai, yaitu Tarek Pukat

Tarek Pukat adalah tradisi menangkap ikan secara gotong royong dengan berjalan menggunakan jala. Tarian ini dibawakan oleh tujuh perempuan yang mengenakan pakaian adat dan diiringi musik khas Aceh.

Sebagai pelengkap tari Tarek Pukat, para penari membawa tali yang mempunyai simbol seperti jala atau dalam bahasa Aceh nya pukat

Tarian Adat Aceh Laweut

tari laweut dari aceh
sumber : google image

Tari Laweut merupakan tarian Aceh populer selanjutnya. Tari tradisional ini berasal dari Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh.

Tari ini juga sudah dikenal hingga seluruh Aceh layaknya tari Saman dan tari Seudati. Cukup menunggu waktu saja, hingga tari Laweut akan go Internasional seperti kedua tari lainnya.

Perlu kamu ketahui bahwa dulunya tari Laweut merupakan bagian dari tari Seudati yang ditarikan oleh perempuan.

Jika kamu memperhatikan antara kedua tarian tersebut, maka kamu akan banyak menjumpai kesamaan di banyak gerakan, pola tarian, proses dan juga tekniknya.

Selain itu juga, tari Seudati dan tari Laweut mempunyai kesamaan yaitu ditarikan oleh 8 orang dengan 1 syahi atau penyanyi sekaligus penari yang memimpin tarian.

Tari Ratoh Duek

tari ratoh duek aceh
sumber : google image

Tarian Aceh selanjutnya yaitu tari Ratoh Duek. Tari ini mempunyai kesamaan yang mirip dengan tari Saman.

Perbedaan dari tari Saman dan Tari Ratoh Duek ialah penari yang boleh menarikannya.

Sejak ditetapkan oleh UNESCO, tari Saman hanya boleh ditarikan oleh laki-laki dengan jumlah ganjil. Sedangkan Tari Ratoh Duek ditarikan oleh wanita yang jumlahnya genap.

Perbedaan selanjutnya yaitu busana yang dikenakan. Tari Saman menggunakan pakaian adat dari Suku Gayo, Sedangkan tari Ratoh Duek menggunakan baju berwarna polos dan menggunakan kain songket khas Aceh

Ratoh Duek juga sudah sering dibawakan di luar daerah Aceh, bahkan hingga luar negeri.

Para penari biasanya duduk dengan pola lantai horizontal atau zigzag. Penari nya sendiri biasanya berjumlah 8 sampai 12 orang

Tarian Adat Aceh Bines

tarian adat aceh bines
sumber : google image

Selain tari Saman, suku Gayo juga mempunyai tarian lain yaitu tari Bines. Menurut suku Gayo Lues tarian ini merupakan sisi lain dari tari Saman.

Tari Bines sendiri lahir karena para leluhur Gayo pada zaman dulu menganggap tari Saman terlalu keras atau agresif jika ditarikan oleh wanita. Penampilan tari Bines biasanya dilakukan pada saat jeda penampilan grup tari Saman.

Karena lebih berfungsi sebagai pelengkap penampilan tari Saman, tari Bines kurang pamor sehingga kurang terkenal dibandingkan dengan tari Saman.

Tarian Adat Aceh Rapai Geleng

tari Rapai Geleng
sumber : google image

Aceh sangat kental dengan nilai-nilai islam. Sehingga tak aneh jika tarian juga digunakan sebagai media dakwah disana.

Salah satu tarian tradisional Aceh yang mengandung nilai islami ialah tari Rapai Geleng.

Di dalam tari ini terdapat unsur-unsur islam, pada setiap gerakannya, syair lagunya, gerakan tarian dan juga busana yang dikenakan.

Tari Rapai Geleng juga menyimbolkan kehidupan Suku Aceh yang identik dengan gotong royong dan kebersamaan dalam kehidupan masyarakat.

tari ini sangat digemari oleh masyarakat Aceh, sehingga dalam setiap pertunjukannya selalu di datangi oleh banyak penonton. Keindahan dari tari Rapai Geleng terdapat pada keindahan gerak penari dan syair di dalamnya yang sangat memanjakan mata dan juga telinga.

itulah tarian adat Aceh beserta gambar yang populer di daerahnya.

Tari Rateb Meuseukat

tari rateb meuseukat
sumber : google image

Selain tari Ratoh Duek, tarian khas Aceh yang kerap disamakan dengan tari Saman ialah tari Rateb Meuseukat.

Dilansir dari Wikipedia, awal mula tari Rateb Meuseukat ini berasal dari tari Ratoh Duek, tari Ratoh Duek sendiri merupakan tari Saman yang dimainkan oleh remaja putri di daerah pesisir.

Sama dengan tari Ratoh Duek, tari ini hanya dibolehkan di bawakan oleh perempuan dengan jumlah yang tak terbatas. Tetapi tidak boleh kurang dari 10 orang.

Pada tari Rateb Meuseukat ini juga terdapat seorang syekh atau penyanyi sekaligus pemimpin tarian Rateb Meuseukat.

Tari Guel dari Aceh

tari guel Aceh
sumber : google image

Tari Guel merupakan tari tradisional Aceh yang berasal dari dataran tinggi tanah Gayo, Aceh Tengah. Tarian Aceh yang satu ini lebih sering difungsikan untuk hiburan dan upacara adat.

Guel sendiri mempunyai arti memukul benda sehingga mengeluarkan suara.

Tak hanya unsur tarian di dalam tari Guel, tari ini juga mengandung unsur lain seperti musik, seni, sastra, dan tarian itu sendiri yang berkolaborasi menjadi satu sehingga mempunyai makna yang dalam.

Tari Likok Pulo

tari likok pulo
sumber : google image

Tari Likok Pulo merupakan tari tradisional Aceh yang berasal dari ujung pelosok utara pulau Sumatera, Aceh Besar.

Tarian ini dibawakan oleh 10 hingga 12, sebagai properti pelengkap tari, para penari dilengkapi dengan bambu seukuran jari telunjuk.

Posisi penari tari Likok Pulo yaitu dengan cara duduk memanjang dan selang-seling atas bawah.

Semua gerakan dari tari ini mengandung nasehat-nasehat yang disampaikan oleh penari utama atau biasa disebut dengan Syeikh lewat syair. Diatas merupakan salah satu tarian adat aceh dan gambarnya, bagus bukan.

Tari Ratoh Jaroe

tari adat aceh ratoh jaroe
sumber : google image

Tari Ratoh Jaroe adalah tarian daerah Aceh kreasi baru yang mengandung nilai-nilai kebersamaan.

Gerakan tari Ratoh Jaroe sendiri mengadopsi dari tarian tradisional Aceh lainnya, seperti tari Likok Pulo, tari Rateb Meuseukat, tari Rapai Geleng dan juga tari tradisional lainnya.

Yang menarik dari tari ini adalah tumbuh dan berkembangnya tidak di tanah Aceh, melainkan di Ibukota Jakarta.

Tari ini sendiri merupakan tari kreasi dari Aceh yang di buat oleh Yusri, seorang seniman asal Aceh yang merantau ke Jakarta pada tahun 1999. Yusri atau lebih dikenal dengan Dek Gam ini mengembankan tari Ratoh Jaroe pada tahu 2000 hingga 2001 saat menjadi pelatih tari di SMA.

Saking berkembangnya tari ini hingga sekarang, menjadikannya ekskul favorit di sekolah Jakarta. Terlebih setelah menjadi pengiring di upacara pembukaan Asian Games yang diadakan di Indonesia pada tahun 2018.

Tarian Daerah Aceh Didong

tari didong aceh
sumber : google image

Tarian dari Aceh yang terakhir kita bahas kali ini adalah tari Didong.

Tari ini menggabungkan berbagai unsur-unsur seperti vokal atau suara, tarian dan juga sastra.

Kata Didong sendiri mempunyai makna “nyanyian seraya bekerja”. dan ada juga ada yang berpendapat bahwa nama Didong berasal dari alat musik yang berbunyi “din” dan “dong”.

Gerakan tari ini ialah dengan duduk dan memainkan kedua tangan. Kemudian penyanyi akan menyanyikan lagu daerah Aceh dan juga menepak-nepakan kedua tangan dengan ketukan berbeda layaknya tari Kecak yang berasal dari Bali.

Tarian ini juga tidak menggunakan alat musik latar sebagai pengiring tarian. Sebagai gantinya Tari Didong menggunakan suara yang dihasilkan dari suara-suara penari nya.

Itulah 12 tarian Aceh paling populer yang seharusnya kamu ketahui. Ke semua tarian tersebut mempunyai nilai-nilai budaya dan juga gerakan khas dan unik.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita mengenai tarian adat yang ada di Indonesia, marilah bersama-sama kita jaga kebudayaan yang ada di negara kita agar tidak diakui atau di ambil oleh negara asing.

Dengan menjaganya diharapkan anak cucu kita dapat melihat kembali warisan dari nenek moyang mereka sehingga mereka juga sadar akan kayanya adat dan istiadat di negara kita.

Salam hangat bagi kalian, sekali lagi semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan jangan lupa untuk share atau bagikan artikel mengenai tari adat ini.

dan seperti biasa, terimakasih sudah singgah.

Tarian Adat Aceh

Ruben Orang yang tertarik dengan dunia tulis menulis ;)

Tarian Adat Jawa Timur

Ruben
5 min read

Tarian Adat Jawa Tengah

Ruben
6 min read

Tarian Adat Bali

Ruben
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *