Ruben Orang yang tertarik dengan dunia tulis menulis ;)

Tari Janger Bali – Gerakan, Pola Lantai, Properti, Sejarah, dan Makna

Siapa sih yang ga kenal Bali, salah satu destinasi wisata yang ada di Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara.

Tak hanya tempat wisata nya saja dan panorama alam yang menarik Bali juga mempunyai salah satu kesenian budaya yang unik yaitu tari Janger.

Dibandingkan dengan tari-tarian yang lain tari Janger sedikit berbeda, tarian ini mempunyai gaya yang lebih modern.

Apakah kamu penasaran untuk mengetahui sejarah, gerakan para penari, makna tari, dan properti yang ada di dalam tari Janger, simak berikut penjelasannya.

Asal Tari Janger

Asal Tari Janger

Tarian tradisional ini merupakan salah satu tarian yang berasal dari pulau dewata Bali, tari Janger biasanya dibawakan secara berkelompok oleh 10 hingga 16 orang.

Untuk penarinya sendiri biasanya berpasang-pasangan antara laki-laki dan perempuan.

Jenis Tari Janger

Jenis Tari Janger

Tari Janger tak terpaku hanya dalam satu tarian, ada beberapa ragam dari tarian ini. setiap tarian yang berkembang dan membudaya di masyarakat bali mempunyai ciri khas dan keunikan sendiri.

Berikut beberapa jenis tarian Janger yang berkembang di Bali.

Tari Janger Maborbor

Merupakan jenis tari Janger yang berkembang di desa Metra, Bali. salah satu ciri khas dari tarian ini adalah adanya kesurupan atau biasa disebut oleh masyarakat bali dengan kerauhan di bagian akhir pementasan tari.

Tari Janger Gong

Adalah salah satu tarian jenis Janger yang berkembang di daerah Badung, desa Sibang. tarian Janger jenis ini diiringi oleh gong kebyar.

Tari Janger Tunawicara

Sesuai dengan namanya tari Janger ini merupakan tarian yang dibawakan oleh orang-orang yang tidak bisa berbicara, tarian ini berasal dari desa Bulian, kabupaten Buleleng.

Tari Janger Dag

Merupakan salah satu jenis tarian Janger yang dilengkapi dengan dag, dag sendiri merupakan peran penari yang memberi komando ke penari lainnya dengan kreativitas gerakan dan menggunakan pakaian seperti jenderal Belanda zaman dahulu. Tarian ini berkembang di Tabanan.

Makna Dalam Tari Janger

Makna Dalam Tari Janger

Seperti tari-tari tradisional lainnya tari Janger juga kaya akan makna kehidupan yang ingin disampaikan oleh para penari lewat gerakan tari dan lagu pengiringnya.

Makna dalam tari Janger dapat dilihat dari lagu pengiringnya yang mempunyai makna keceriaan dan kebahagiaan dalam hidup.

Selain itu dalam lagu pengiring juga terdapat makna mengenai pergaulan anak remaja.

Konon pada awalnya tari Janger tercipta dari para petani kopi, mereka bernyanyi bersahut-sahutan yang bertujuan untuk saling menghibur dan menghilangkan rasa lelah.

Pada zaman dahulu tarian ini juga digunakan oleh para pemuda dan pemudi antara desa sebagai ajang perkenalan satu sama lain.

Namun dengan seiring dengan perjalanan waktu makna dari tarian ini pun berbeda-beda, hal ini karena karena penyajian tarian yang semakin beragam.

Salah satunya yaitu tari Janger dalam bentuk drama tari yang dikenal dengan nama Janger Berkisah.

Drama tari Janger ini terinspirasi dari kisah Arjuna Wiwaha, Sunda Upasunda dan juga tokoh-tokoh lainnya.

Ada banyak komunitas yang mengembangkan tarian ini sehingga terdapat banyak Janger dengan berbagai gaya dan ciri khasnya masing-masing.

Sejarah Tari Janger Bali

Sejarah Tari Janger Bali

Tari Janger merupakan salah satu tarian khas Bali yang sudah ada sejak tahun 1920.

Tarian ini pada awalnya digunakan oleh para petani kopi di daerah Bali Utara untuk menghibur diri setelah lelah bekerja seharian, mereka akan bernyanyi secara bersahut-sahutan.

Memang pada awalnya terkesan sederhana, namun dengan kreativitas masyarakat daérah tersebut membuatnya menjadi kesenian tari yang bisa dipentaskan di berbagai acara.

Tarian ini sendiri bernuansa ceria dan gembira, sesuai dengan kehidupan masyarakat.

Salah satu versi mengenai tarian ini yaitu merupakan pengembangan dari tari Sanghyang yang ada sekitar abad ke 20.

Pola Lantai Tari Janger Bali

Pola Lantai Tari Janger Bali

Bentuk pola lantai tari Janger sendiri biasanya menggunakan kombinasi pola lantai garis lurus horizontal dengan garis lengkung.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tarian ini dibawakan secara berkelompok dan berpasang-pasangan antara penari laki-laki dan penari perempuan yang berjumlah sekitar 10 hingga 16 orang.

Tarian yang termasuk ke dalam jenis tarian pergaulan ini membawakan nuansa yang ceria dan bahagia dengan gerakan yang sangat dinamis dan energik.

Dalam pementasan tarian Janger biasanya terdapat 5 bagian dan yang baku yaitu sebagai berikut penjelasannya

Pembukaan

Sesuai dengan namanya para penari akan masuk ke dalam pementasan diiringi dengan Tabuhan pembukaan yang dihasilkan dari gamelan seperti gendang, suling, kenong, klenang, ceng-ceng, kajar, dan rebana

Pepeson

Pada bagian ini para penari akan melakukan nyanyian dan gerakan tari secara bersamaan dengan membentuk formasi seperti gapura di tempat Pementasan tari.

Penari akan dibagi menjadi dua barisan Dalam posisi duduk yang kemudian disusul dengan masuknya penari kecak dengan saling berhadapan.

Penjangeran

Bagian ini merupakan bagian inti dari pertunjukan tari Janger karena para penari akan melakukan gerakan tari serambi bernyanyi secara bersahut-sahutan antara penari 1 dan penari lainnya dengan gembira dan penuh semangat.

Lakon

Lakon merupakan salah satu bagian dari tari Janger yang berisi tentang kisah-kisah tokoh pewayangan seperti Arjuna Gatotkaca. Sunda Upasunda.

Pada bagian ini para penari hanya akan duduk dan menonton pertunjukan tersebut.

Penutup

Sesuai dengan namanya pada bagian ini para penari akan menyanyikan lagu permohonan maaf dan selamat tinggal ke para penonton serambi keluar dari pementasan

Bagian penutupan biasanya para penari akan menggunakan gerakan tari khas Bali klasik seperti tari Topeng, Baris maupun Arja.

Gerakan Tari Janger Bali

Gerakan Tari Janger Bali

Untuk membawakan sebuah tarian tradisional ini para penari harus berpedoman pada ada ketentuan tari tersebut.

Biasanya para penari akan menggunakan gerakan-gerakan tari khas Bali klasik.

Dalam tarian Janger sendiri didominasi dengan posisi badan berdiri meskipun ada beberapa juga Dalam posisi duduk bersila

Berikut beberapa apa nama contoh ragam gerakan dalam tarian tradisional Janger

  • Mungkah lawing
  • Ngagem kanan
  • Ngagem kiri
  • Ngeseh bawah
  • Nyelegog
  • Nguluh wangsul
  • Ngelikas
  • Ngengot
  • Ulap-ulap

Properti Tari Janger Bali

Properti Tari Janger Bali

Untuk membedakan tari Janger dengan tari lainnya dalam pementasan tari biasanya menggunakan properti berupa kostum khusus yang didominasi dengan warna emas

Adapun properti para penari yaitu sebagai berikut gelungan Janger, sabuk, badong gelang kanan, kain, oncer, dan ompak-ompak. Adapun properti tambahan yang biasanya dibawa oleh para penari yaitu kipas.

Demikian penjelasan mengenai tari Janger yang berasal dari Bali semoga tulisan ini bisa menjadi referensi Anda saat mencari pengetahuan mengenai salah satu tradisional ini.

Marilah kita secara bersama-sama menjaga dan melestarikan kekayaan budaya yang ada di tanah air Indonesia dan seperti biasa terima kasih mampir.

Ruben Orang yang tertarik dengan dunia tulis menulis ;)

Bahasa Korea Untuk Terima Kasih

Bahasa Korea Terima Kasih – halo hai sobat semua. Korea, siapa sih yang kenal dengan negara ini. Negara yang mempunyai beragam karya terutama dalam...
Ruben
3 min read

Bahasa Korea Untuk Semangat

Bahasa Korea Semangat – halo hai sobat semua. Apa kabarnya kalian pada hari ini ? masih semangat menjalani hidup kan, hehehe Ngomong-ngomong soal “semangat”...
Ruben
3 min read

Gedung Tertinggi Di Dunia

Gedung tertinggi di dunia – halo hai sobat semua. Pernah gak kamu melihat gunung pencakar langit yang berada di kota kota besar. Mungkin kamu...
Ruben
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *