Ruben Orang yang tertarik dengan dunia tulis menulis ;)

Penjelasan Asal, Sejarah dan Gerakan Tari Bungong Jeumpa

makna tari bungong jeumpa

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan budaya dan dan keragamannya, kita bisa menemukan banyak sekali kesenian yang masih terjaga kelestariannya sampai sekarang di negara tercinta ini.

Salah satunya yaitu kesenian yang berasal dari provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, kesenian yang berbentuk tari tradisional bernama tari Bungong Jeumpa.

Tari Bungong Jeumpa merupakan salah satu tari tradisional yang yang sangat unik karena tarian ini gerakannya hanya lebih berfokus di tangan dan kaki.

Tari Bungong Jeumpa

TARI BUNGONG JEUMPA

Keunikan lain dari tarian ini juga hanya diiringi dengan suara manusia, berbeda dengan tarian lain yang diiringi dengan alat musik seperti gamelan atau lain sebagainya.

Bungong jeumpa sendiri merupakan salah satu lagu daerah yang berasal dari provinsi tersebut, tak hanya terkenal di Provinsi Aceh lagu ini juga terkenal di seluruh Indonesia.

Bungong jeumpa merupakan nama dari bunga yang ada di daerah Aceh dalam bahasa Indonesia sendiri bungong jeumpa mempunyai arti bunga cempaka. bunga ini juga merupakan salah satu lambang daerah.

Kata jeumpa sendiri konon berasal dari sebuah nama kerajaan yang dulu pernah berjaya di nusantara yaitu kerajaan jeumpa.

Lagu Bungong Jeumpa dituliskan oleh Ibrahim Abduh yang berdasarkan dari raja kerajaan tersebut dalam bentuk hikayat.

Berdasarkan sejarah, kerajaan Jeumpa ada dan berkembang pesat sejak abad ke-7 Masehi, daerah Kerajaan tersebut meliputi Kabupaten Bireuen atau yang sekarang terkenal dengan Aceh Jeumpa.

Gerakan Tari Bungong Jeumpa

gerakan tari bungong jeumpa

Tarian ini sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu tarian dengan berdiri dan tarian dengan duduk. 

Di bawah ini merupakan penjelasan mengenai perbedaan gerakan dalam tarian tradisional Aceh baik dalam keadaan duduk ataupun berdiri.

Gerakan tari bungong jeumpa posisi berdiri

  • Dalam gerakan tari Bungong Jeumpa para penari berposisi berdiri maka kedua tangan
  • Menari berada di atas, dengan posisi kaki jinjit setelah itu kaki dihentakkan sebanyak dua kali ke arah kanan dan juga kiri.Gerakan tersebut dilakukan dalam 8 hitungan, masing-masing dengan 4 pengulangan.
  • Badan penari sendiri menyerong ke arah kanan dengan posisi jari tangan rapat dan ditarik ke arah atas, sehingga posisi kaki kanan penari berada di depan, saat tangan penari ke arah bawah maka kaki kanan yang semula berada di depan ditarik mundur, setelah itu bergerak ke arah yang sebaliknya. Masing-masing gerakan tersebut diulangi 8 kali ke setiap arah.
  • Gerakan selanjutnya yaitu tangan diluruskan ke arah dengan, tatapan mata penari ke arah tangan.Kemudian kedua tangan penari dibolak-balikkan ke arah kanan dan juga kiri, kaki bergerak Jalan ditempat sebanyak 8 hitungan dan diulangi empat kali
  • Gerakan yang terakhir yaitu kedua tangan penari memegang bahu yang selanjutnya membuat dan Gerakan mendorong ke arah depan dan tangan penari sendiri berada dalam posisi lurus dan jari diarahkan ke atas. tas untuk kaki sendiri digerakkan maju Secara bergantian antara kaki kanan dan kiri sebanyak 8 hitungan dan Diulangi dua kali. 

Gerakan tari bungong jeumpa posisi duduk

  • Untuk posisi duduk gerakan tari bungong jeumpa ada beberapa perubahan Seperti penjelasan di bawah ini
  • Berada di bahu dan tangan kirinya berada di paha dalam bentuk menyilang kemudian lengan tersebut menepuk dua kali bersamaan, gerakan tersebut dilakukan secara berulang dan bergantian antara kanan kiri
  • Gerakan selanjutnya tangan kanan berdiri sedangkan tangan kiri memegang siku tangan kanan, gerakan ini dilakukan secara bergantian, kemudian kedua tangan bertepuk kan. gerakan ini diulangi dua kali.
  • Selanjutnya kedua tangan penari bertepuk lurus ke arah depan, bertepuk ketengah, bertepuk ke atas, bertepuk Ke tengah lagi. saat bertepuk ke atas, badan penari diangkat.
  • Gerakan yang terakhir kedua tangan penari memegang lantai dengan posisi serong ke arah kanan Dunkin. tangan penari di tangan penari ditarik lurus ke arah atas, kemudian serong ke kanan dan kiri secara bergantian dalam hitungan.

Makna tari Bungong Jeumpa

makna tari bungong jeumpa

Tarian tradisional asal Aceh ini biasanya dimainkan bersamaan dengan lagu daerah. 

Seperti yang kita tahu Kata punggung unta mempunyai arti dalam bahasa Indonesia yaitu bunga cempaka, di daerah  aja Sendiri bunga cempaka mempunyai kaitan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

Hal ini dapat dilihat dari sebagian besar rumah yang ada di daerah Aceh pekarangannya menanam bunga cempaka.

Bunga cempaka merupakan simbol kebanggaan dan semangat bagi masyarakat Aceh Selain itu bunga ini juga melambangkan keindahan dari daerah Aceh.

Selain melambangkan semangat dan keindahan masyarakat Aceh, biasanya bunga cempaka juga digunakan sebagai pelengkap tradisi dalam kegiatan masyarakat Aceh seperti pernikahan atau untuk wewangian.

Tak hanya itu, bunga cempaka juga biasa digunakan untuk hiasan dalam adat tradisional masyarakat Aceh.

Pertunjukan tari Bungong Jeumpa

pertunjukan tari bungon jeumpa

Pertunjukan tari bungong jeumpa merupakan perpaduan antara gerakan badan dan diiringi dengan lagu yang sama yaitu lagu tradisional berjudul Bungong Jeumpa.

Biasanya tarian ini dibawakan pada acara acara adat seperti penyambutan tamu maupun pernikahan.

Tari tradisional ini juga sebagai media untuk memperkenalkan tradisi Aceh kepada masyarakat lain. hal ini karena para penari juga mengenakan pakaian adat Aceh sebagai properti tari Bungong Jeumpa.

Katanya pakaian adat tradisional Aceh, para penari juga mengenakan selendang hiasan dan aksesoris-aksesoris lainnya yang masih berkaitan dengan daerah Aceh.

Tarian tradisional bungong jeumpa asal Aceh ini biasanya dilakukan dengan berkelompok karena menggambarkan,  kebersamaan, toleransi, kesungguhan, disiplin, dan sikap gotong royong.

Dalam tarian tersebut juga terdapat beberapa formasi yang disatukan sehingga membuat tarian ini terlihat lebih indah dan menonjolkan kebudayaannya.

Baca juga mengenai Tarian Tradisional Aceh

Penutup

Sia-sia sebagai salah satu tarian tradisional yang ada di daerah Indonesia, sudah sewajarnya bagi kita menjaga dan melestarikan kesenian tari Bungong Jeumpa.

Seperti yang kita tahu agar kebudayaan tersebut tidak diambil atau dicuri oleh bangsa lain.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang sedang mencari informasi mengenai tari Bungong Jeumpa dan dapat mengenalkan kalian tentang luasnya kebudayaan dan kesenian yang ada di negara Indonesia. 

Ruben Orang yang tertarik dengan dunia tulis menulis ;)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *