Suku Mentawai – Tato, Kebudayaan, Sejarah dan Ciri Khas

Suku Mentawai – Halo Semuanya. Dengan beragam suku yang ada di negara kita Indonesia, suku Mentawai adalah salah satu suku yang unik.

Indonesia memang mempunyai kekayaan alam yang sangat melimpah, sehingga membuat suku-suku di dalamnya mempunyai keunikan dari keberagaman. Begitu juga dengan suku Mentawai.

Suku Mentawai konon merupakan suku tertua yang ada di Indonesia. Suku ini mendiami kepulauan Mentawai, banyak dari para peneliti yang sudah meneliti kehidupan dari suku ini.

Penasaran lebih jauh mengenai suku ini ?

Berikut penjelasan mengenai suku Mentawai yang sangat unik untuk kita bahas pada kesempatan kali ini.

Suku Mentawai

Suku Mentawai merupakan penduduk asli dari kepulauan Mentawai, pulau Mentawai sendiri berjarak dari provinsi Sumatera Barat sekitar 100 miel.

Suku ini bertahan hidup dengan berburu hewan dan pengumpul bahan makanan di lingkungan dalam hutan hujan ataupun pesisir laut yang ada di pulau-pulau terdekat.

Suku Mentawai sendiri hidup dengan cara semi-nomaden dengan total populasi sekitar 64000 jiwa.

Suku yang sudah ada sejak zaman dahulu ini baru ditemukan saat ekspedisi belanda pada tahun 1621. pada saat ditemukan pertama kali suku ini belum mengenal mengenai teknik bercocok tanam.

Bahasa suku Mentawai yaitu bahasa Austronesia. Suku Mentawai merupakan suku yang sangat kuat spiritualnya.

Mereka mempunyai beragam kebudayaan dan tradisi unik yang tidak dapat ditemukan di daerah lain.

Selain tinggal di pulau Mentawai, suku ini juga banyak terdapat di pulau sekitar seperti Pagai Selatan dan Pagai Utara.

Sejarah Suku Mentawai

Sejarah Suku Mentawai
pedomanbengkulu.com

Hingga saat ini para peneliti belum bisa memastikan darimanakah asal suku Mentawai. Bahkan hingga sekarang masih banyak sekali misteri dari suku Mentawai yang belum bisa dipecahkan.

Terdapat beberapa versi mengenai suku yang satu ini sehingga menimbulkan perdebatan diantara para peneliti.

Ada yang mengatakan suku Mentawai berasal dari ras Polinesia dan ada juga pendapat yang mengatakan bahwa suku Mentawai berasal dari suku Melayu tua atau Proto Malaya.

Meskipun demikian hal yang disetujui oleh para Ilmuwan ialah suku Mentawai merupakan salah satu suku tertua yang ada di negara Indonesia. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang menyimpulkan bawah suku Mentawai sudah mendiami Kepulauan Mentawai sejak tahun 500 sebelum Masehi.

Meskipun umur dari suku ini sangatlah tua, tetapi adat istiadat yang dipegang oleh suku Mentawai sangatlah kuat.

Hal tersebut dapat dilihat dari masyarakat suku Mentawai yang masih memegang teguh budaya warisan nenek moyang mereka hingga saat ini meskipun arus globalisasi semakin merajalela.

Oleh karena itu ada terdapat banyak sekali hal unik dari suku ini yang patut untuk kita apresiasi bersama sebagai bagian keragaman bangsa Indonesia.

Kepercayaan Suku Mentawai

Kepercayaan Suku Mentawai
merahputih.com

Selain adat istiadatnya yang masih dijaga hingga sekarang, suku Mentawai juga mempunyai kepercayaannya sendiri.

Bentuk kepercayaan masyarakat Mentawai dikenal dengan Sabulungan.

Sabulungan merupakan kepercayaan kepada benda-benda yang mempunyai roh serta jiwa. Kepercayaan ini memang mirip dengan Animisme ataupun Dinamisme.

Masyarakat Mentawai percaya bahwa setiap roh yang tidak dirawat dengan baik, maka roh tersebut akan tidak tenang dan bergentayangan mengganggu masyarakat. Dengan demikian akan menyebabkan kesialan dan wabah penyakit.

Karena keunikan tersebutlah banyak dari para peneliti yang semakin tertarik untuk meneliti lebih jauh mengenai pola hidup masyarakat Mentawai.

Tradisi Suku Mentawai

Tradisi Suku Mentawai
genpi.co

Suku Mentawai merupakan salah satu suku di indonesia yang mempunyai beragam keunikan dan tradisi yang sangat kuat.

Sebagai bangsa negara, alangkah baiknya jika kita bersama-sama mengetahui dan mengenal lebih jauh budaya mereka, berikut beberapa tradisi suku Mentawai:

Tato Suku Mentawai

Tato Suku Mentawai
pesonaindonesia.kompas.com

Bagi masyarakat Mentawai tato bukanlah sekedar hiasan belaka agar dapat tampil lebih sangar, bagi mereka tato mempunyai arti yang sangat tinggi.

Tak hanya bagi masyarakat Mentawai tato juga sangat terkenal bagi masyarakat suku Dayak yang ada di pedalaman pulau Kalimantan.

Tato-tato yang ada di badan mereka sesuai dengan profesi atau status sosial orang tersebut, seperti tato kepala suku, tato pemburu hewan, tato penaga hutan, dan lain sebagainnya.

Masyarakat Mentawai percaya bahwa tato yang berada di tubuh mereka merupakan simbol dari keindahan dan keseimbangan alam.

Teknik mentato masyarakat suku Mentawai tentunya tidak bisa disamakan dengan tato modern saat ini. Suku Mentawai masih menggunakan teknik tato warisan dari nenek moyang mereka pada zaman dahulu.

Karena tidak menggunakan mesin, proses pengerjaan tato akan lama dan akan sangat menyakitkan. Jadi hanya orang-orang yang mempunyai keberanian tinggilah yang bisa mendapatkan tato tersebut.

Kerik Gigi Suku Mentawai

Kerik Gigi Suku Mentawai
kumparan.com

Suku Mentawai mempunyai kriteria kecantikan yang berbeda dengan masyarakat diluaran sana, jika orang-orang akan tampil cantik dengan make up ataupun kulit bersih dan terawat, maka suku Mentawai berbeda.

Masyarakat Mentawai mempunyai tradisi yang unik dan berbeda dengan kebanyakan orang, bagi mereka wanita yang cantik ialah wanita yang mempunyai gigi runcing.

Oleh sebab itu jika seorang gadis telah beranjak dewasa maka dia akan mengerik giginya sampai runcing, tradisi tersebut bernama kerik gigi.

Mereka percaya bawah tradisi ini sebagai pengantar gadis Mentawai meraih kedamaian dan simbol dari perjuangan mencari jati diri mereka. Bagaimana tradisi yang sangat unik bukan ?

Demikian penjelasan suku Mentawai, bagaimana pendapatmu mengenai informasi suku Mentawai ? Kamu juga bisa mempelajari suku lain yaitu Suku Asmat yang ada di Papua.

Semoga saja informasi mengenai suku Mentawai ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian mengenai suku yang ada di negara Indonesia. Cintailah kebudayaan bangsa dan alam kita

Dan seperti biasa, terimakasih sudah singgah

Tinggalkan komentar