Ruben Orang yang tertarik dengan dunia tulis menulis ;)

1000+ Sketsa Gambar Ikan Yang Mudah Digambar

Sketsa Ikan Arwana

Sketsa Gambar Ikan – ikan merupakan salah satu hewan yang bisa hidup di dalam air, dengan menggunakan insang.

Ikan juga merupakan salah satu makanan favorit sebagian orang, selain rasanya yang enak di dalamnya juga terkandung berbagai macam nutrisi yang baik bagi tubuh.

Selain gizinya yang tinggi, ikan juga kerap dijadikan salah satu contoh gambar bagi seseorang untuk menggambar.

Apa kamu juga tertarik untuk menggambar ikan, jika iya maka kamu berada di artikel yang tepat.

Di kesempatan kali ini akan saya beri tahu cara menggambar ikan dengan mudah, langsung saja disimak dengan seksama terutama bagi adik-adik yang masih belajar menggambar.

Cara Menggambar Ikan

Apabila kamu tertarik untuk menggambar ikan, dibawah ini merupakan cara menggambar ikan dengan mudah, ikut saja langkah-langkahnya ya.

Perlu diperhatikan untuk membuat sketsa ikan terlebih dahulu, jangan menekan pensil terlalu kuat sehingga nanti mudah dihapus, berikut caranya.

Langkah-langkah menggambar ikan

  • Pertama buat garis membentuk oval, tak perlu sempurna karena garis ini nantinya sebagai sketsa badan ikan.Cara menggambar sketsa ikan dengan sangat mudah
  • Selanjutnya buat busur panjang seperti huruf U pada bagian kanan bentuk oval yang pertama dibuat.Cara menggambar sketsa ikan dengan sangat mudah
  • Pada bagian kiri sketsa tubuh ikan buat garis bersudut lancip seperti tanda “<” yang akan digunakan sebagai sketsa kepala ikanCara menggambar sketsa ikan dengan sangat mudah
  • Buat sketsa ekor pada bagian kanan atau ujung sketsa tubuh ikan. Caranya cukup buat dua garis lengkung dan hubungkan keduanya. Ukurannya sendiri menyesuaikan bentuk tubuh ikanCara menggambar sketsa ikan dengan sangat mudah
  • Buat garis lengkung pada bagian atas ikan yang nantinya akan digunakan sebagai sirip atas ikan. Demikian gambar sketsa ikan, selanjutnya kita akan memperjelas gambar tersebut.Cara menggambar sketsa ikan dengan sangat mudah
  • Buat mata ikan pada bagian kepala ikan, bentuk matanya cukup lingkaran dan buat lagi lingkaran di dalamnya sebagai pupil. Beri sedikit garis-garis agar terlihat lebih detail.Cara menggambar sketsa ikan dengan sangat mudah
  • Pada bagian ujung sketsa kepala ikan, buat mulut ikan dengan cara seperti huruf Y karena mulut ikannya terbuka.Cara menggambar sketsa ikan dengan sangat mudah
  • Buat insang ikan dengan mengikuti garis sketsa kepala ikan. Buat garis melengkung dari kiri bawah ke kanan atas.Cara menggambar sketsa ikan dengan sangat mudah
  • Di bagian tengah bentuk oval, buat sirip ikan di dalam sketsa badan ikan. Pertama buat garis lengkung sebagai pondasi kemudian buat garis-garis ke arah kanan dan nantinya tutup garis. Usahakan mengalir apa adanya.Cara menggambar sketsa ikan dengan sangat mudah
  • Pada bagian sketsa ekor buat ekor ikan. Cukup buat garis-garis se biasa mungkin agar dapat menghasilkan struktur ekor ikan.Cara menggambar sketsa ikan dengan sangat mudah
  • Selanjutnya pada bagian atas ikan, buat sirip bagian atas seperti ekor ikan. Buat se natural mungkin dengan garis-garis melengkung.Cara menggambar sketsa ikan dengan sangat mudah
  • Pada bagian bawah bentuk oval buat garis-garis bergelombang sebagai sirip bagian bawah.Cara menggambar sketsa ikan dengan sangat mudah
  • Langkah selanjutnya per tebal garis di bagian sketsa ikan untuk memperjelas bentuk ikan.Cara menggambar sketsa ikan dengan sangat mudah
  • Selanjutnya hapus bagian yang tidak kamu perlukan dan perbal garis yang penting agar gambar kamu terlihat lebih realistis.Cara menggambar sketsa ikan dengan sangat mudah
  • Kamu dapat memperjelas gambar ikan dengan arsiran sehingga gambar ikan terlihat lebih nyata. Buat bayang-bayang agar ikan terlihat lebih realistis.Cara menggambar sketsa ikan dengan sangat mudah

Sketsa Ikan Hias

Sketsa Ikan Hias

Diatas merupakan gambar sketsa ikan hias yang dapat kamu buat, ikan hias merupakan jenis ikan yang dipelihara oleh manusia dalam akuarium.

Biasanya ikan-ikan ini mempunyai bentuk dan warna yang indah.

Biasanya orang memelihara ikan karena pengin punya peliharaan tetapi tidak ingin ribet. Karena seperti yang kita tahu ikan tidak membutuhkan perawatan seperti kucing ataupun anjing.

Harga ikan hias juga bervariasi, mulai yang hanya ribuan hingga ratusan juta tergantung jenis dan kelangkaan ikan tersebut. Apa kamu tertarik untuk memelihara ikan.

Sketsa Ikan Paus

Sketsa Ikan Paus

Ikan paus merupakan mamalia terbesar yang ada di bumi, meskipun mamalia hewan ini hidup di lautan. Ada beberapa ciri khusus dari paus seperti

  • Bernapas dengan menggunakan paru-paru bukan insang
  • Kebanyakan paus mempunyai rambut
  • Memiliki kelenjar susu
  • Berdarah panas

Hewan ini sendiri konon sudah ada sejak zaman dinosaurus. Sekarang ini paus terbagi menjadi dua jenis yang pertama paus bergigi atau Odontoceti dan paus yang tidak mempunyai gigi atau Mysticeti.

Untuk gambar sketsa ikan paus diatas tergolong cukup mudah untuk dibuat, terlebih jika kamu sudah mempunyai bakat dalam menggambar.

Sketsa Ikan Nemo

Sketsa Ikan Nemo

Perlu kamu ketahui sebenarnya nemo adalah nama dari film animasi ikan badut, jadi nemo itu bukan nama ikan ya, hehehe.

Nemo sendiri merupakan jenis ikan giru atau biasa disebut dengan ikan badut (Clownfish). Ikan ini banyak tersebar di Laut Merah, lautan Pasifik, India dan Australia.

Di alam bebasnya ikan nemo atau ikan badut bersimbiosis mutualisme dengan anemon laut. Anemon laut akan melindungi ikan badut dari serangan predator, dan ikan badut akan membersihkan anemone dari sisa-sisa makanannya.

Ikan badut sendiri berwarna orange, kuning, kemerahan dan ada juga yang berwarna hitam.

Untuk gambar sketsa ikan nemo diatas cukup mudah dibuat kok, jadi kamu tidak perlu khawatir karena sudah saya pilihkan yang gampang.

Sketsa Gambar Ikan Hiu

Sketsa Ikan Hiu

Untuk menggambar sketsa hiu cukup mudah kok, kamu dapat mengikut gambar yang ada diatas.

Siapa sih yang tidak kenal dengan predator paling ganas di lautan ini. Ikan hiu merupakan hewan yang hidup di lautan dengan tubuh ramping dan kerangka tuang rawan terlengkap.

Ikan hiu bernapas dengan 5 atau bahkan 6 sampai 7 liang insang yang ada di samping kepalanya.

Ikan hiu dapat berenang dengan cepat karena tubuh dari ikan ini dilapisi oleh kulit dermal denticles yang dapat menambah dinamika air, kulit tersebut juga dapat melindungi hiu dari parasit.

Jenis hiu ada banyak sekali, mulai dari yang seukuran telapak tangan hingga yang sebesar paus.

Sketsa Ikan Cupang

Sketsa Ikan Cupang

Ikan cupang merupakan jenis ikan tawar yang habitat aslinya berasal dari negara di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Vietnam, dan Brunei Darussalam.

Ikan ini merupakan jenis ikan hias yang biasa dipelihara di dalam akuarium. Salah satu ciri khas dari ikan ini ialah bentuk yang unik dan mempunyai ekor dan sirip yang sangat indah.

Ikan cupang sendiri terkenal sangat agresif dalam mempertahankan daerah wilayahnya.

Para penggemar ikan cupang membagi ikan cupang menjadi tiga jenis.

  1. Ikan cupang hias
  2. Ikan cupang aduan
  3. Ikan cupang liar

Ikan cupang merupakan salah satu ikan yang mempunyai daya tahan tubuh kuat walaupun berada di dalam wadah dengan volume air yang sedikit dan tidak ada alat sirkulasi udara ikan ini masih bisa hidup.

Gambar Sketsa Ikan Koi

Sketsa Ikan Koi

Ikan koi merupakan ikan yang sangat dijaga di negara Jepang, hal ini karena ikan koi merupakan perlambangan dari cinta dan juga persahabatan.

Kata koi sendiri merupakan homofon yang mempunyai arti cinta atau kasih sayang.

Ikan koi sendiri termasuk ke dalam jenis ikan mas yang mempunyai corak tubuh yang indah dan sangat jinak. Ikan koi memang biasa dipelihara sebagai ikan hias dan diyakini dapat mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya.

Kita tentunya sering kali melihat gambar ikan koi, untuk menggambar nya cukup mudah kok, kamu dapat meniru sketsa gambar ikan koi diatas.

Gambar Sketsa Ikan Lele

Sketsa Ikan Lele

Siapa yang suka makan pecel lele ?

Lele merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar dan identik dengan kulitnya yang licin, mempunyai kumis di bagian mulut serta terdapat patil di tubuhnya.

Habitat ikan lele sendiri biasanya di rawa, waduk, sawah yang ada airnya, telaga dan bahkan lele dapat hidup di air yang tercemar seperti got ataupun saluran pembuangan.

Ikan lele sendiri termasuk hewan nokturnal atau hewan yang beraktivitas mencari makan di malam hari. Di siang harinya biasanya lele akan berdiam diri dan berlindung ditempat-tempat gelap.

Sekarang ini ikan lele sudah banyak dikembangbiakkan oleh manusia untuk dikonsumsi.

Sketsa Gambar Ikan Lumba-Lumba

Sketsa Ikan Lumba-Lumba

Apakah kalian pernah melihat sirkus lumba-lumba ? di dalam sirkus tersebut terlihat sangat mahir dalam melewati berbagai rintangan.

Hal ini tidaklah aneh karena lumba-lumba termasuk mamalia cerdas.

Lumba-lumba juga mempunyai tubuh yang kompleks, sehingga banyak teknologi yang terinspirasi darinya. Salah satunya yaitu kulit lumba-lumba yang dapat mengurangi hambatan air saat berenang. Hal inilah yang membuat para perenang membuat baju renang mirip dengan kulit lumba-lumba.

Lumba-lumba juga mempunyai sistem sonar yang berguna untuk menghindari benda yang ada di depannya, manusia juga menerapkan hal ini dalam radar kapal selam.

Lumba-lumba memang hewan yang lucu ya. Jika kamu ingin membuat sketsa gambar lumba-lumba, maka dapat meniru gambar diatas.

Sketsa Ikan Laut

Sketsa Ikan Laut

Ikan laut merupakan ikan-ikan yang hidup di laut, meskipun sama-sama di air tetapi ikan laut tidak bisa hidup di air tawar.

Hampir kebanyakan ikan laut dapat dikonsumsi, selain rasanya yang sangat enak ikan laut juga mempunyai kandungan gizi yang tinggi sehingga baik untuk tubuh terutama anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Gambar ikan laut diatas mungkin dapat kamu tiru.

Sketsa Ikan Pari

Sketsa Ikan Pari

Ikan pari adalah salah satu hewan yang mempunyai bentuk tubuh berbeda dibandingkan dengan ikan-ikan lainnya.

Ikan ini mempunyai bentuk tubuh di bagian samping seperti sayap, sehingga jika ikan pari berenang di laut akan terlihat seperti terbang di laut.

Ikan ini mempunyai spesies sekitar 560 spesies dan berada dalam 13 famili, tahu gak kamu jika ikan pari tidak mempunyai tulang sehingga akan sangat enak jika dimakan

Sketsa Gambar Ikan Nila

Sketsa Ikan Nila

Ikan nila merupakan jenis ikan air tawar yang biasa dikonsumsi oleh manusia. Ikan ini diyakini berasal dari Afrika dan populer dikembangbiakkan di kolam-kolam.

Ikan bernama ilmiah Oreochromis niloticus ini mempunyai bentuk tubuh berukuran sedang sekitar 30 cm dengan warna keabuan atau kehitaman.

Untuk membedakan ikan nila dan jantan kamu harus menunggunya hingga berat badannya mencapai 50 gram.

Untuk ikan jantan terdapat tonjolan kecil yang meruncing di samping lubang anus, sedangkan betinanya tidak ada dan bagian perutnya lebih besar.

Sketsa Ikan Bandeng

Sketsa Ikan Bandeng

Siapa sih yang gak kenal dengan jenis ikan ini, ikan bandeng merupakan jenis ikan populer di kawasan Asia Tenggara.

Ikan bandeng hidup di sekitaran Samudera Pasifik dan Samudera Hindia secara berkelompok di sekitar pesisir pulau yang terdapat terumbu koral.

Bandeng banyak dikonsumsi karena rasanya yang gurih dan netral (tidak terlalu asin dibandingkan ikan laut)

Salah satu permasalahan yang sering kita jumpai saat mengkonsumsi bandeng ialah durinya yang sangat banyak, tetapi tidak perlu khawatir karena kamu dapat membuat tulang bandeng menjadi lunak dengan di presto.

Sketsa Ikan Gabus

Sketsa Ikan Gabus

Ikan gabus merupakan jenis predator ikan air tawar. Ikan ini banyak hidup di berbagai daerah dan mempunyai nama yang berbeda-beda, apa nama ikan gabus di daerah kalian ?

Ikan gabus merupakan ikan air tawar yang bisa hidup hingga panjang 1 meter, kepalanya besar dan mirip dengan ular sehingga dalam bahasa Inggris diberi nama Snakehead. Tubuhnya bulat memanjang dengan sirip di bagian punggung dan di ekor.

Habitat ikan gabus hampir mirip dengan ikan lele, ikan gabus banyak dijumpai di rawa, sungai, danau, sawah dan saluran-saluran air.

Oh ya, ikan gabus tak hanya ada di Indonesia lo, ikan ini juga ada di negara lain seperti Bangladesh, Sri Langka, India, Tiongkok bagian selatan dan kawasan Asia Tenggara.

Sketsa Gambar Ikan Mas

Ikan mas adalah salah satu ikan air tawar yang banyak tersebar di Indonesia, ikan ini merupakan ikan yang berasal dari Cina, Eropa, dan Jepang.

Di Indonesia sendiri ada berbagai nama dari ikan yang satu ini, seperti:

  • Kancra
  • Tobro
  • Raja
  • Ameh
  • Rayo
  • Tikeu

Ikan ini biasa hidup di perairan air tawar yang tidak terlalu dalam dan mempunyai arus tenang atau tidak deras seperti di pinggiran danau ataupun sungai. Ikan ini sangat cocok di pelihara di ketinggian 150-600 mdpl dengan suhu 25 sampai 30 oC.

Ikan mas tergolong jenis ikan pemakan segalanya atau omnivora, kamu kasih dia daging akan dimakan, kamu kasih dia lumut juga akan dimakan.

Sketsa Ikan Louhan

Sketsa Ikan Louhan

Ikan louhan adalah salah satu ikan hias yang biasa dipelihara di dalam akuarium, ikan ini merupakan ikan yang sangat indah.

Salah satu ciri khas dari ikan louhan ialah Dia mempunyai benjolan di kepalanya sehingga ikan ini disebut juga dengan benjol kelam.

Ikan louhan sendiri berasal dari Malaysia dan Thailand tetapi sekarang ini ikan ini sudah menyebar dan dipelihara oleh mengembalikan hampir di seluruh dunia.

Ikan louhan biasa hidup di temperatur suhu 26-29 0 Celcius dengan PH air antara 7,4 sampai 8,0.

Untuk menggambar ikan louhan dapat kamu sketsa ikan louhan di atas.

Sketsa Ikan Marlin

Sketsa Ikan Marlin

Ikan marlin merupakan ikan yang terkenal dengan tenaganya yang besar, ukurannya yang jumbo dan sangat agresif saat ditangkap.

Ada 3 jenis ikan marlin yang populer di Indonesia, yaitu:

  1. Ikan marlin hitam
  2. Ikan marlin biru
  3. Ikan marlin putih

Ikan marlin banyak tersebar di samudera Atlantik dan juga Samudera Hindia. Salah satu ciri khas dari ikan marlin ialah mulutnya yang tajam dan runcing seperti pedang.

Para pemancing biasanya memancing jenis ikan marlin biru dan yang paling berkesan ialah saat loncatan nya. Ikan marlin sendiri bisa hidup selama 15 tahun, tetapi pada usia 10 tahun sudah banyak ditangkap oleh manusia.

Sketsa Gambar Ikan Patin

Sketsa Ikan Lele

Ikan patin merupakan jenis kelompok ikan yang mempunyai kumis, Ikan ini biasa dikonsumsi oleh manusia karena rasanya yang enak.

Ikan patin yang hidup di kawasan sungai Mekong bisa mempunyai panjang hingga 2 meter lebih.

Apabila kamu sudah Mahir menggambar ikan lele, maka kamu tidak akan kesulitan untuk menggambar ikan patin karena bentuk badan hampir mirip.

Agar lebih jelasnya dapat kamu lihat pada gambar sketsa ikan patin di atas.

Sketsa Ikan Gurame

Sketsa Ikan Gurame

Ikan gurame merupakan jenis ikan air tawar yang sangat populer di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan, ikan ini biasa menjadi konsumsi masyarakat di daerah tersebut.

Selain itu ikan ini juga biasa dipelihara di dalam akuarium sebagai ikan hias.

Ikan gurami mempunyai bentuk badan yang lebar dan pipih, panjangnya bisa mencapai 1000 mm dari ekor sampai kepalanya.

Ikan gurame biasa dikonsumsi karena mempunyai rasa yang enak dan gurih durinya juga besar-besar sehingga mudah untuk dimakan, Berbagai restoran dapat kamu temukan dengan mudah berbagai olahan dari ikan gurame.

Ikan gurame sendiri di Indonesia tersebar di berbagai Pulau seperti Sumatera Jawa dan Kalimantan. di alam liar gurame biasa hidup di rawa, kolam, dan sungai.

Sketsa Ikan Sapu Sapu

Sketsa Ikan Sapu Sapu

Ikan sapu-sapu atau disebut juga dengan ikan bandaraya merupakan jenis ikan tawar yang berasal dari Amerika.

Ikan ini biasa digunakan oleh orang-orang yang memelihara ikan untuk dijadikan ikan pembersih akuarium, karena makanan dari ikan ini yaitu alga atau lumut.

Oleh karena itu ikan ini disebut juga dengan ikan sapu-sapu, karena sapu identik dengan bersih-bersih.

Sebenarnya ikan sapu-sapu termasuk hewan omnivora atau pemakan segalanya, tetapi mereka lebih sering memakan sisa-sisa tumbuhan pada malah hari.

Sketsa Gambar Ikan Arwana

Sketsa Ikan Arwana

Ikan arwana merupakan jenis ikan air tawar yang disebut juga dengan ikan naga karena terdapat dalam mitologi di Tionghoa.

Ikan arwana merupakan jenis ikan hias dan ikan konsumsi jadi ikan ini biasa dipelihara di dalam akuarium, Selain itu ingin ini juga mempunyai harga yang sangat mahal.

kamu juga dapat dengan mudah menggambar ikan arwana dengan mengikuti video dibawah ini

Untuk menggambar ikan ini sebenarnya cukup mudah, kamu dapat mengikuti sketsa gambar ikan arwana yang ada di atas.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai sketsa gambar ikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Bagi adik-adik yang masih belajar menggambar, jangan pantang menyerah selalu berusaha agar bisa menghasilkan gambar yang bagus karena tidak ada hasil yang sempurna tanpa latihan yang keras.

Dengan jangan lupa bagikan artikel ini melalui sosial media yang kamu punyai agar bisa bermanfaat kepada orang banyak.

Jangan lupa untuk membuka artikel dari kami yang lainnya.

Ruben Orang yang tertarik dengan dunia tulis menulis ;)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *