Ruben Orang yang tertarik dengan dunia tulis menulis ;)

100+ Sketsa Gambar Daun Yang Mudah Digambar

Sketsa Daun Teh

Sketsa Gambar Daun –  hai semua, apakah kamu mendapatkan tugas untuk menggambar sketsa daun. Apa kamu merasa kesulitan atau sedang membutuhkan inspirasi maka gambar-gambar di bawah ini semoga dapat membantu kamu.

Baiklah langsung saja berikut penjelasannya.

Sketsa Daun Singkong

Sketsa daun singkong

Daun singkong adalah salah satu daun yang bisa dimakan, biasanya orang memasaknya dengan santan atau direbus untuk dijadikan lalapan dengan sambal.

Daun singkong sendiri termasuk ke dalam jenis daun menjari, dalam pelajaran IPA saat SD kita tentu sudah paham mengenai bentuk-bentuk daun.

Manfaat dari daun singkong sendiri sangat banyak seperti dapat

Untuk menggambar daun singkong sendiri cukup mudah kok, kamu hanya perlu sedikit ketelatenan untuk menggambarnya.

Jangan lupa untuk memberi tangkai daun pada gambar yang telah kamu buat.

Sketsa Daun Maple

Sketsa Daun Maple

Daun maple daun dari pohon maple, daun ini menjadi ciri khas dari negara Kanada, hal ini karena di negara tersebut sangat mudah untuk menjumpai pohon tersebut.

Bentuk dari daun maple memang indah, sehingga tak heran jika banyak orang ingin untuk menggambarnya. Jika kamu juga ingin menggambar daun tersebut maka dapat mencontoh gambar daun maple dibawah ini.

Dari sketsa daun maple nantinya dapat kamu warnai, sehingga dapat lebih indah lagi.

Sketsa Daun Mangga

Sketsa Daun Mangga

Siapa sih yang tidak tahu buah yang satu ini, buah mangga merupakan buah yang banyak tumbuh di daerah tropis. Termasuk salah satunya di negara kita Indonesia.

Rasa buahnya yang manis dan segar membuat setiap orang sangat suka dengan buah yang satu ini, begitu juga dengan saya, hehehe.

Daun dari buah mangga sendiri tergolong dalam jenis sirip, hal ini karena bentuknya yang menyerupai sirip ikan.

Untuk menggambar daun mangga sendiri cukup mudah, kamu cukup membuat seperti daun pada umumnya dan kemudian diberi tambahan jari-jari daun agar terlihat lebih realistis.

Sketsa Daun Sirih

Sketsa Daun Sirih

Daun sirih merupakan salah satu daun yang mempunyai banyak manfaat. Daun ini biasanya digunakan untuk mengobati sakit mata dan lain sebagainya.

Selain itu daun ini juga dijadikan salah satu bahan utama untuk pinang sirih, manfaat dari meminang sendiri ialah dapat menguatkan gigi.

Bentuk dari daun sirih sendiri seperti bentuk love, sehingga untuk menggambar sketsa daun sirih sangat mudah. Kamu dapat meniru gambar-gambar daun sirih yang ada di bawah ini untuk sketsa yang ingin kamu buat.

Sketsa Daun Pisang

Sketsa Daun Pisang

Daun pisang merupakan salah satu daun yang banyak dipakai untuk bungkus makanan.

Jika kita tinggal di desa tentunya kita sering menjumpai daun pisang untuk bungkus makanan seperti nasi, tape, tempe mentah, jajanan pasar, dan lain sebagainya.

Bentuk dari daun pisang sendiri termasuk ke dalam jenis sejajar, sehingga sangat lebar dan dapat dimanfaatkan untuk bungkus makanan. Selain itu daun ini juga bisa digunakan untuk makanan ternak.

Sama dengan sketsa daun sebelumnya, untuk menggambar daun pisang juga sangat mudah. Kamu dapat mengikuti gambar-gambar dibawah ini untuk membuat sketsa gambar daun pisang yang kamu inginkan.

Sketsa Daun Pepaya

Sketsa Daun Pepaya

Hampir sama dengan daun singkong, daun pepaya juga bisa dikonsumsi. Tetapi rasa daun pepaya sangatlah pahit sekali, terlebih jika salah dalam mengolahnya.

Daun pepaya juga banyak diolah menjadi berbagai macam masakan atau sebagai lalapan dengan sambal, meskipun rasanya pahit tetapi banyak orang yang menyukainya lo.

Bentuk dari daun pepaya sama dengan daun singkong yaitu menjari, oleh karena itu cara membuat sketsa dari daun pepaya juga hampir sama.

Sketsa Gambar Daun Bayam

Sketsa Daun Bayam

Daun bayam merupakan salah satu daun yang sering di jadikan sayur, selain rasanya yang enak daun ini juga mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi.

Dari kita tentu tahu kartun Popeye si Pelaut kan, dimana dia akan bertambah kuat hanya dengan memakan bayam.

Daun bayam mempunyai bentuk me dan berwarna hijau gelap.

Sketsa Gambar Daun Jeruksketsa daun jeruk

 

jeruk adalah salah satu buah yang paling populer di penjuru dunia, rasanya ada yang manis dan juga ada yang masam.

Buah jeruk kaya akan vitamin C yang sangat baik bagi kesehatan.

Tak hanya dimakan dalam bentuk buah, jeruk juga biasanya digunakan perisa makanan, dijadikan jus dan olahan lainnya.

Perlu kamu ketahui bentuk daun jeruk itu hampir sama dengan mangga yaitu berbentuk menyirip. Jadi untuk menggambar sketsa daun jeruk juga cukup mudah.

Jika kamu sudah mahir menggambar daun mangga maka untuk menggambar sketsa gambar daun jeruk pun tidak akan kesusahan.

Sketsa Gambar Daun Bambu

Sketsa Daun Bambu

Bambu merupakan salah satu tanaman yang biasa digunakan sebagai bahan bangunan, terutama di desa. Entah itu untuk dijadikan tiang ataupun atap rumah.

Selain bambu-bambu yang sudah tua, bambu yang masih kecil juga menyimpan manfaatnya sendiri. Bambu muda atau disebut juga dengan rebung dapat dimasak untuk dimakan.

Daunnya juga dapat dimanfaatkan untuk bungkus kupat, di desa saya ketupat yang dibuat dari daun bambu disebut dengan kupat sumpil.

Untuk menggambar daun bambu cukup mudah kok, bentuk dari daun bambu sendiri mirip dengan daun pisang yaitu sejajar.

Sketsa Daun Tembakau

Sketsa Daun Tembakau

Tembakau merupakan bahan utama pembuatan rokok. Seperti yang kita tahu rokok merupakan salah satu pemberi pajak terbesar bagi negara kita terlepas dari bahayanya yang sangat besar.

Tanaman ini hanya dapat tumbuh di beberapa daerah tertentu, sehingga konon katanya setiap tembakau mempunyai rasa yang berbeda-beda tergantung tempat tumbuhnya.

Di Indonesia sendiri terdapat di Deli, Temanggung, Klaten, Sleman, Jember dan beberapa daerah lainnya.

Tanaman ini tidak termasuk ke dalam komoditas pangan tetapi masuk ke dalam komoditas perkebunan. Selain digunakan sebagai bahan utama rokok tumbuhan ini juga digunakan untuk cerutu.

Tembakau mempunyai daun yang tergolong besar, di dalamnya terdapat kandungan nikotin yang dapat menyebabkan kecanduan.

Agar lebih jelasnya dapat kamu lihat dibawah ini beberapa gambar daun tembakau yang dapat kamu jadikan sketsa.

Sketsa Gambar Daun Kelapa

Sketsa Daun kelapa

Kelapa merupakan salah satu tanaman yang banyak sekali manfaatnya. Oleh karena itu pramuka menjadikan tunas kelapa sebagai lambang, agar anggotanya juga dapat bermanfaat bagi orang banyak.

Berikut bagian-bagian kelapa dan manfaatnya.

  • Akar – dijadikan kayu bakar jika pohon sudah ditebang
  • Kayu – dapat dijadikan bahan bangunan
  • Buah – dapat dimakan, mempunyai banyak sekali manfaat.
  • Daun – dapat dijadikan atap, dapat dijadikan hiasan dalam pernikahan, dijadikan bungkus ketupat.

Tumbuhan dengan spesies Cocos nucifera ini banyak hidup di pinggir pantai dan juga dataran rendah. Pohon kelapa sendiri bisa mencapai ketinggian 30 meter.

Bentuk daun kelapa ialah sejajar sehingga sangat mudah untuk menggambar sketsa nya.

Sketsa Gambar Daun Teh

Sketsa Daun Teh

Perlu kamu ketahui, teh sebenarnya semua jenis minuman yang dibuat dari buah, daun, rempah dan tanaman obat yang diseduh.

Menurut sejarah, teh pertama kali ditemukan di Tiongkok sebelum masehi, pada awalnya tanaman ini digunakan sebagai obat, kemudian pada masa dinasti Han teh mulai dijadikan sebagai minuman dengan proses yang masih terbilang sederhana.

Bentuk daun teh sendiri menyirip hampir sama dengan daun-daun pada umumnya. Oleh karena itu kamu tidak perlu kesusahan untuk membuat sketsa gambar daun teh

Sketsa Daun Teratai

Sketsa Daun Teratai

Teratai merupakan salah satu tanaman yang hidup di air, bunganya sangat indah.

Dengan keindahan dari bunganya tak heran salah satu seniman terkenal asal Prancis yaitu Claude Monet menggambar bunga ini.

Jika kamu ingin menggambar bunga teratai dan bingung untuk menggambar sketsa daunnya juga, maka kamu dapat mengikuti beberapa gambar yang ada dibawah ini

Penutup

Demikian beberapa penjelasan mengenai sketsa daun yang telah saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat terutama bagi adik-adik yang baru belajar menggambar dan mewarnai.

Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman-teman kamu sekalian.

Ruben Orang yang tertarik dengan dunia tulis menulis ;)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *