Senjata Tradisional Sulawesi Selatan

Senjata Tradisional Sulawesi Selatan – hai semuanya, membicarakan mengenai senjata tradisional di Indonesia memang sangat menarik.

Apakah kamu pernah mengunjungi salah satu daerah di Sulawesi ?

Salah satu yang paling menarik dari sulawesi yaitu pantai Losari yang ada di kota Makassar. Namun pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas mengenai pantai Losari melainkan benda pusaka yang ada di sulawesi selatan.

Lantas apa saja senjata tradisional yang ada di sulawesi selatan, berikut penjelasannya.

Selamat membaca teman semua !!!

Badik Makassar

Badik Makassar
asyraafahmadi.com

Senjata yang pertama yang kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Badik Makassar, sesuai dengan namanya, senjata tradisional ini berasal dari ibukota provinsi Sulawesi Selatan yaitu kota Makassar.

Ciri khas dari Badik makassar ini adalah mempunyai bentuk bilah atau kale yang pipih dengan battang atau perut dari bilah yang menonjol ke bawah, sedangkan untuk cappa atau ujung dari Badik tajam dan runcing.

Badik tersebut disebut juga dengan Badik Sari, badik ini mempunyai bagian sebagai berikut:

  • Gagang badik atau pengulu
  • Tubuh/bilah badik atau sumpa kale
  • Sarung badik atau banoang

Jika kamu ingin melihatnya kamu dapat melihatnya secara langsung di museum nasional yang ada di kota Makassar.

Badik Raja

Badik Raja
badiksulawesi.com

Senjata tradisional Sulawesi Selatan yang kita bahas selanjutnya adalah Badik Raja, badik ini berasal dari daerah Kajuara, tepatnya di kabupaten Bone.

Nama dari badik raja sendiri karena pada zaman dahulu senjata ini hanya dipakai oleh para raja dari kerajaan Bone.

Menurut kepercayaan dari masyarakat, setempat bahwa badik raja atau biasa disebut dengan Gencong Raja atau Bontoala merupakan senjata yang dibuat oleh makhluk gaib, sehingga tak heran jika senjata ini diyakini mempunyai kekuatan supranatural.

Ukuran dari Badik Raja sendiri dapat dikatakan besar, panjang bilahnya sendiri 20 sampai 50 cm, bentuk dari badik raja sendiri mirip dengan badik Lampo Battang dengan bilah menonjol dan perut bilah yang besar.

Karena dipakai oleh para raja, badik ini terbuat dari bahan utama logam yang mempunyai kualitas tinggi serta dilengkapi dengan pamor indah pada bagan di hulu badik seperti pamor mallasoancale atau pamor timpalaja.

Alamang

Alamang
asyraafahmadi.com

Senjata daerah sulawesi selatan yang kita bahas berikutnya adalah Alamang, senjata ini tergolong jenis senjata pedang.

Senjata ini juga dianggap sakral oleh masyarakat setempat karena diyakini mempunyai kekuatan supranatural.

Pedang ini terbuat dari Saalpu atau sonri dengan bilah pedang yang lurus dan mempunyai satu mata pedang di bagian bawah yang sangat tajam, bagian dari ujung alamang in meruncing ke bawah yang dalam istilah Bugis dan Makassar dikenal dengan sudang, sedangkan toraja dikenal dengan Labbo Penai.

Jika diperhatikan secara seksama bentuk senjata ini mirip gabungan dari 3 senjata yaitu badik, tombak, dan tappi. Senjata ini sendiri melambangkan kemakmuran, kedaulatan dan kewibawaan dalam suatu kerajaan.

Konon seorang raja tidak akan meninggalkan Kerajaan jika tidak membawa alamang ini.

Badik Lagecong (Gecong)

Badik Lagecong
kompasiana.com

Senjata tradisional sulawesi selatan berikutnya adalah Badik Lagecong, senjata ini menurut masyarakat sulawesi selatan sendir mempunyai nilai-nilai kehormatan.

Ukuran dari senjata tradisional ini dapat dikatakan kecil yaitu sebesar jengkal orang dewasa. Meskipun demikian senjata ini juga sangat mematikan karena terdapat bilah atau racun pada bilahnya.

Oleh karena itu apabila senjata ini dapat melukai orang, maka tak butuh waktu lama untuk mengakhiri hidupnya.

Pada zaman dahulu badik ini digunakan oleh masyarakat untuk berperang atau melindugin diri apabila dalam keadaan terdesak.

Senjata sulawesi selatan ini juga menjadi buruan dari kolektor senjata sebagai koleksi.

Badik Luwu

Badik Luwu
tokopedia.com

Senjata tradisional sulawesi selatan yang kita bahas selanjutnya merupakan warisan zaman dahulu dari kabupaten Luwu, senjata ini bernama Badik Luwu.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat badik ini disepuh dengan kemaluan dari gadis perawan dan diyakini jika orang yang mempunyai ilmu kebal pun dapat dibunuh dengan badik ini.

Bentuk dari badik ini sendiri bungku seperti kerbau bungkuk atau biasa disebut dengan mabbukku ketedong. Sendangkang bilah badik lurus dan bagian ujungnya runcing.

Seiring dengan berkembangnya zaman sekarang, prinsip dari pembuatan badik ini tidak diketahui masih berlanjut atau tidak.

Badik Lompo Battang

Badik Lompo Battang
asyraafahmadi.com

Badik Lompo Battang merupakan senjata asal sulawesi selatan. Dalam bahasa Bugis kata Lompo Battang mempunyai arti perut besar. hal tersebut tergambar dari bentuk bilahnya dibagian perut yang membesar.

Karena termasuk salah satu senjata unik, tak heran jika banyak kolektor senjata yang memberi senjata ini untuk dijadikan koleksi budaya.

Oleh karena itu senjata ini dijual dengan harga yang fantastis.

Tempat Membeli Senjata Tradisional Sulawesi Selatan

Apakah kamu ingin mengoleksi senjata tradisional sulawesi selatan ini ?

Kamu dapat mengunjungi toko-toko senjata tradisional terdekat di kotamu, atau bisa juga kamu membeli melalui online agar lebih praktis.

Tetapi apabila kamu membelinya secara online, maka kamu tidak bisa menyentuhnya terlebih dahulu dan rawan penipuan, berbeda jika kamu membelinya secara langsung di toko senjata.

Itulah penjelasan mengenai senjata tradisional yang ada di sulawesi selatan, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua.

Sehingga membuat kita lebih mencintai peninggalan dari nenek moyang kita. Jangan lupa untuk share artikel ini dan tuliskan pertanyaanmu di kolom komentar.

Dan seperti biasa terimakasih sudah singgah

Senjata Tradisional Sulawesi Selatan

Tinggalkan komentar