Senjata Tradisional Sulawesi Barat

Senjata Tradisional Sulawesi Barat – Halo semua, bagaimana kabarnya ? Salah satu provinsi yang ada di Indonesia yaitu Sulawesi Barat.

Provinsi ini diresmikan tanggal 5 Oktober 2004 dari pemekaran provinsi sulawesi selatan, provinsi Sulawesi Barat sendiri beribukota di Mamuju. Luas wilayah provinsi ini sendiri ialah 16,796.19 km².

Di daerah ini juga terdapat beberapa suku yang tinggal di sana seperti suku Makassar, suku Mandar, suku Jawa, suku Toraja, suku Bugis dan suku-suku lainnya.

Oleh karena itu provinsi ini mempunyai beragam kebudayaan dan adat istiadat. Namun pada kesempatan kali ini neprona akan membahas mengenai senjata tradisional yang ada disana.

Penasaran ?

Berikut penjelasan mengenai macam-macam senjata tradisional Sulawesi Barat beserta gambarnya, mari langsung saja kita baca dengan seksama.

Senjata Tradisional Sulawesi Barat – Badik

Senjata Tradisional Sulawesi Barat - Badik
helloindonesia.id

Senjata tradisional Sulawesi Barat yang pertama kita bahas pada kesempatan kali ini ialah Badek atau biasa disebut dengan badik. Senjata ini bisa mempunyai dua mata pisau yang tajam atau satu.

Senjata ini mempunyai bentuk seperti pisau, tapi ada ciri khas lain yang dikembangkan oleh suku Bugis dan Makassar.

Panjang Badek sendiri sekitar 50 cm. Senjata ini juga mirip dengan keris atau dalam kata lain bilahnya tidak simetris dan dihiasi juga dengan pamor. Perbedaannya dengan keris adalah senjata ini tidak mempunyai penyangga bilah atau ganja.

Menurut kepercayaan dari suku Bugis, setiap dari senjata Badik konon mempunyai kekuatan supranatural.

Diyakini bahwa kekuatan dari badik tersebut dapat memberikan pengaruh terhadap keadaan atau bahkan kehidupan dari pemiliknya. Tak hanya itu, diyakini juga senjata ini dapat memberikan kedamaian, kemakmuran dan kesejahteraan.

Dan juga senjata ini juga dapat memberikan pengaruh negatif seperti kemiskinan, kesialan, penderitaan dan kesengsaraan bagi pemilik senjata tersebut.

Dari zaman dahulu senjata ini sudah dipakai oleh masyarakat yang ada di Sulawesi Barat sebagai senjata untuk melindungi diri dari serangan musuh ataupun untuk berburu.

Senjata ini juga merupakan identitas dari kelompok etnis tertentu atau kebudayaan dari daerah lain.

Bagian dari badik sendiri secara umum terbagi menjadi 3 bagian yakni gagang atau hulu, bilah badik dan sarung atau warangka. Selain itu, terdapat pamor yang dapat memberikan pengaruh kepada pemiliknya.

Jenis Badik di Sulawesi Barat

Badik sendiri terbagi menjadi 3 jenis yaitu:

  1. Badik Bugis Luwu
  2. Badik Kawali Lamalomo Sugi
  3. Badik Makassar.

Senjata Adat Sulawesi Barat Keris/Gayang

Senjata Adat Sulawesi Barat Keris Gayang
facebook.com

Senjata adat Sulawesi Barat yang selanjutnya ialah gayang atau lebih dikenal dengan sebutan keris.

Di daerah Mandar, Sulawesi Barat senjata ini terbagi menjadi dua jenis yaitu Gayang Lekkong atau keris luk dan Gayang Sapukala (bilah gayang yang lurus)

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, senjata ini mempunyai kekuatan supranatural atau kekuatan gaib dengan beberapa kesesuaian seperti gayang Lekkong akan sesuai dengan pemilik yang berambut keriting dan gayang Sapukala akan sesuai dengan pemilik berambut lurus.

Baca juga mengenai Senjata Tradisional Sulawesi Selatan

Belati (Jambia)

Belati (Jambia)
asyraafahmadi.com

Senjata tradisional dari Sulawesi Barat yang selanjutnya ialah Jambia, bentuk dari senjata ini sendiri mirip dengan badik atau belati.

Bentuk dari senjata ini sendiri ialah bagian tengah bilahnya melebar dan ujungnya runcing.

Macam-macam Jambia

Jambia sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu Jambi Muane (laki-laki) dan Jambia Baine (perempuan).

Meskipun mempunyai ukuran yang mirip dengan Badik, ciri lain dari Jambia adalah dapat dilihat apakah terdapat bisaq dan cipiq. Berikut penjelasan dari kedua ciri jambia tersebut:

  • Bisaq adalah tanda membelah dua pada bagian punggung badi dan tembus di bagian bawah hingga atas.
  • Cipiq adalah tanda jambia pada bagian ujungnya yang terbelah

Senjata Sulawesi Barat Kandawulo

Senjata Sulawesi Barat Kandawulo
gpswisataindonesia.info

Senjata adat Sulawesi Barat selanjutnya ialah Kandawulo atau biasa disebut dengan Parang Panjang.

Fungsi dari senjata ini sendiri seperti parang pada umumnya yaitu alat untuk membantu pekerjaan Masyarakat seperti memotong atau menebas sesuatu terutama semak belukar saat masuk ke hutan.

Selain itu senjata Kandawulu juga kerap digunakan sebagai alat pertanian.

Senjata ini merupakan senjata yang terbuat dari besi dan terlihat sederhana karena tidak dihiasi dengan apapun.

Itulah penjelasan dari macam-macam senjata tradisional Sulawesi Barat, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada kalian semua.

Dan seperti biasa terimakasih sudah singgah

Tinggalkan komentar