Senjata Tradisional NTT

Senjata Tradisional NTT –  Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian Tenggara Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Provinsi ini terdiri dari beberapa pulau seperti Pulau Sumba, Pulau Flores, Pulau Lembata, Pulau Rote, Pulau Adonara, Pulau Solor, Pulau Komodo, Pulau Sabu, Pulau Palue dan beberapa pulau kecil lainnya.

Provinsi ini beribukota di kota Kupang yang terletak di bagian barat Pulau Timor.

Provinsi ini sendiri terdiri dari sekitar 550 pulau, dengan pulau utama yaitu pulau Timor, Pulau Sumba, dan pulau Flores.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai salah satu kebudayaan yang berasal dari provinsi NTT yaitu senjata tradisional.

Lantas apa saja macam-macam senjata tradisional yang ada di provinsi ini ?

Berikut penjelasan senjata tradisional NTT beserta gambarnya, selamat membaca !

Kabeala (Parang Pinggang)

Kabeala
sumber : oriental-arms.com

Senjata tradisional Nusa Tenggara Timur yang pertama kita bahas Pada kesempatan kali ini adalah kabela. Kabelaala merupakan senjata tradisional NTT jenis parang.

Senjata ini berasal dari pulau Sumbawa, salah satu pulau di provinsi NTT. ukuran panjang dari senjata ini adalah sekitar 45 cm sampai dengan 55 cm.

Perangkap piala biasa dibawa dan digunakan oleh pria dewasa di daerah NTT. dalam kehidupan sehari-hari Jika kamu mengunjungi Pulau Sumbawa maka kamu bisa sering melihat laki-laki yang membawa barang di pinggang.

Hal tersebut dapat kamu jumpai baik di pedesaan maupun di perkotaan, membawa Parang bukan berarti untuk bekerja melainkan sudah menjadi kebiasaan masyarakat di daerah tersebut.

Pakaian adat NTT juga tidak jauh berbeda dengan pakaian adat yang ada di pulau Jawa, namun jika di Pulau Jawa Pakaian adat biasanya diselipkan keris pada bagian pinggang belakang, sementara di NTT pakaian adatnya akan diselipkan dengan barang pada bagian pinggang samping.

Fungsi dari Parang yang ada di Sumba dapat dilihat dari bentuk gagangnya, berikut penjelasan fungsi barang ditinjau dari bentuk gagangnya:

  • Gagang kayu

Jika Kabeala mempunyai gagang dari kayu maka dapat dipastikan bahwa barang Kabeala tersebut merupakan barang untuk bekerja.

  • Gagang tanduk atau gading

Jika Kabeala mempunyai gagang yang terbuat dari tanduk hewan atau gading, maka bisa dipastikan bahwa senjata tradisional NTT tersebut digunakan sebagai pelengkap pakaian adat pria Sumba.

Bagi masyarakat Sumba, mereka juga mengenal senjata ini dengan sebutan Parang pinggang, karena seperti yang kita tahu senjata ini diselipkan di samping pinggang.

Baca juga mengenai Senjata Tradisional Jakarta

Sundu

Sundu
sumber : gpswisataindonesia.wordpress.com

Sundu merupakan senjata tradisional NTT yang mempunyai bentuk seperti keris. Gambar Sundu seperti diatas.

Bilah Sundu berbentuk lurus dengan pegangan atau gagang yang yang menyerupai bentuk sayap burung. pada bagian sarung Sundu, terdapat hiasan motif horizontal yang melingkar.

Sundu atau biasa disebut dengan sudut merupakan senjata tradisional yang biasa dipakai oleh penduduk

Selain senjata-senjata tersebut Nusa Tenggara Timur juga mempunyai senjata lain seperti kapak, pisau, parang, Saweo, dan Senapan tumbuk.

Itulah penjelasan mengenai senjata tradisional yang berasal dari provinsi Nusa Tenggara Timur, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua dan membuat kita semakin mencintai kebudayaan yang ada di tanah air ini.

Jangan lupa untuk share artikel neprona.com ini melalui media sosial seperti Fb, Instagram atau Twitter kalian agar teman-teman sekalian dapat membaca artikel ini.

Dan seperti biasa, terimakasih sudah singgah

Tinggalkan komentar