Senjata Tradisional Jawa Tengah 

Senjata Tradisional Jawa Tengah – Selain terkenal dengan masyarakatnya yang halus dan ramah, provinsi Jawa Tengah juga terkenal akan kebudayaannya.

Kebudayaan merupakan salah satu dari ciri khas yang dimiliki oleh suatu wilayah. Dengan kebudayaan itu juga sebagai kebanggan bagi masyarakat yang berada di daerah tersebut.

Provinsi yang beribukota di kota semarang ini salah satunya.

Kebudayaan yang ada di Jawa Tengah sangat lah banyak mulai dari kebudayaan tarian adat, lagu tradisional, baju adat dan juga senjata tradisional.

Namun pada kesempatan kali ini, neproners akan sedikit membahas lebih jauh mengenai senjata tradisional Jawa Tengah. Penasaran, berikut penjelasannya.

Senjata Tradisional Jawa Tengah

Seperti yang kita tahu, senjata merupakan salah satu alat yang digunakan oleh manusia untuk berbagai kebutuhan. Begitu juga dengan senjata tradisional yang ada di daerah Jawa Tengah.

  • Senjata-senjata yang ada di provinsi Jawa Tengah juga merupakan lambang atau simbol dari daerahnya.
  • Senjata tradisional berfungsi sebagai alat untuk bertahan diri ataupun menyerang lawan.

Berikut macam-macam senjata tradisional Jawa Tengah beserta gambarnya.

Mari kita simak bersama.

Keris Jawa Tengah

Keris Jawa Tengah
sumber : asyraafahmadi.com

Keris merupakan salah satu senjata tradisional yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Senjata tradisional ini tak hanya ada di Jawa Tengah tetapi juga sebagian wilayah di Indonesia.

Pada zaman dahulu keris merupakan lambang dari kekuatan dari laki-laki maupun perempuan yang ada di pulau Jawa. Oleh karena itu senjata ini sangat lah terkenal di pulau Jawa.

Senjata tradisional ini merupakan salah satu senjata adat yang mempunyai nilai estetika yang tinggi.

Zaman dahulu keris digunakan oleh para pendekar tanah Jawa sebagai senjata dalam pertempuran jarak dekat. Hal ini karena keris mempunyai daya serang yang sangat mematikan apabila telah mengenai lawan.

Jika suatu daerah tertentu mempunyai mayoritas penduduknya yaitu suku Melayu seperti daerah Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Bali hingga Malaysia. Tentunya sudah sangat mengenal betul mengenai senjata tradisional keris.

Tetapi, keris dari daerah Jawa lah yang paling terkenal dibandingkan dengan daerah lain. Karena diyakini bahwa keris jawa mempunyai tuah atau daya tarik tersendiri.

Keris Jawa Tengah mempunyai bentuk yang bervariasi seperti keris tanpa lekukan hingga keris yang berjumlah lekukan ganjil seperti 3, 5, 7 dan seterusnya.

Oleh karena itu banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang memburu senjata ini sebagai koleksi.

Keunikan lain dari keris adalah adanya corak pada bagian bilah, yang membuat senjata ini semakin indah.

Kudhi Jawa Tengah

Kudhi Jawa Tengah
sumber : gpswisataindonesia.info

Senjata kudhi merupakan senjata tradisional Jawa Tengah yang berikutnya. Senjata ini berasal dari daerah Banyumas dan biasa digunakan sebagai senjata serba guna.

Fungsi dari senjata ini selain sebagai senjata yang digunakan sebagai kegiatan sehari-sehari, senjata ini juga dapat digunakan sebagai alat untuk menyerang musuh dalam bentuk mempertahankan diri.

Dalam budaya dan kepercayaan yang ada di masyarakat Banyumas dan juga masyarakat Jawa pada umumnya, sering terdapat simbol atau lambang-lambang tertentu seperti tulisan, ucapan, benda, upacara dan kesenian.

Nah, Kudhi juga merupakan salah satu dari simbol tersebut.

Manyarakat Banyumas menganggap senjata kudhi jenis kudhi Trancang mempunyai kekuatan supranatural atau daya linuwih dan hanya bisa dipakai sebagai jimat.

Hal tersebut karena senjata kudhi Trancang sangat sulit untuk mendapatkannya oleh karena itu senjata ini jarang sekali dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Tombak Jawa Tengah

Tombak Jawa Tengah
sumber : romadecade.org

Selain keris, tentunya kita tidak asing lagi dengan senjata tradisional yang satu ini yaitu Tombak. Sebagian dari kita tentunya sering melihat senjata tombak di berbagai gambar, film atau bahkan secara langsung.

Senjata ini memang kerap muncul bersamaan dengan perisai atau tameng. Para prajurit pada zaman dahulu menggunakan senjata ini sebagai alat untuk menyerang musuh di dalam peperangan.

Tombak yang terkenal yang berasal dari daerah Jawa Tengah yaitu tombak Kyai Pleret. Tombak ini merupakan tombak yang digunakan dalam medan perang pada zaman dahulu.

Tombak merupakan senjata utama selain pedang yang digunakan dalam perang, hal ini karena tombak mempunyai mata tombak yang sangat runcing pada bagian ujung. Sehingga sangat memungkinkan untuk membunuh musuh dalam satu serangan.

Selain digunakan sebagai senjata perang, tombak juga digunakan untuk mencari makan, pada zaman dahulu senjata ini juga digunakan sebagai senjata berburu.

Baca juga mengenai Senjata Tradisional Jakarta

Wedhung Jawa Tengah

Wedhung Jawa Tengah
sumber : budayajawa.id

Pernah kamu mendengar nama senjata Wedhung ?

Bagi sebagian orang mungkin kurang familiar dengan senjata yang satu ini,meskipun demikian senjata ini merupakan senjata yang kerap digunakan oleh masyarakat Jawa Tengah selain keris pada zaman dahulu.

Bentuk dari senjata ini mirip dengan pisau yang bilahnya mempunyai satu mata pisau, senjata ini juga sangat tajam dan dilengkapi dengan kerangka dari kayu jati sebagai gagangnya.

Senjata ini kurang terkenal karena pada zaman dahulu senjata ini hanya digunakan oleh masyarakat setempat saja.

Condroso Jawa Tengah

Condroso Jawa Tengah
sumber : baabun.com

Senjata tradisional Jawa Tengah yang berikutnya yang selanjutnya condrorso.

Senjata ini digunakan oleh para wanita atau biasa sinden jawa. Senjata ini mirip dengan konde disembunyikan diantara konde yang ditancapkan di sanggul rambut.

Senjata ini merupakan senjata senjata jenis tusuk, dan biasa digunakan dengan sebagai senjata untuk serangan mendadak kepada musuh. Apabila musuh telah terkena senjata ini dapat diyakini bahwa akan sangat mematikan.

Senjata tradisional Jawa Tengah terbuat dari besi yang mempunyai bentuk seperti konde, senjata ini mempunyai ujung yang sangat lancip.

Pelinteng Jawa Tengah

Pelinteng Jawa Tengah
sumber : pinterest.se

Senjata yang berasal dari provinsi Jawa Tengah selanjutnya yaitu Pelinteng, tentunya bagi masyarakat daerah Jawa Tengah sudah tidak asing lagi dengan senjata yang satu ini.

Bagi kita yang kecil pada tahun 2000-an tentunya sering menggunakan senjata ini sebagai alat untuk bermain. Dalam bahasa indonesia lebih dikenal dengan sebutan ketapel.

Senjata ini mempunyai bentuk seperti huruf Y, dimana pada bagian kanan dan kirinya akan diikat dengan karet atau pentil ban. Yang kemudian akan diikat pada kain atau lainnya sebagai tempat pelurunya.

Pelurunya biasanya dari batu kecil atau kerikil yang akan diletakkan di tengah dan kemudian ditarik. Senjata ini menggunakan konsep gaya pegas sebagai pelontar pelurunya.

Senjata ini masih digunakan hingga saat ini sebagai permainan anak-anak sebagai media hiburan.

Peso Jawa Tengah

Peso Jawa Tengah
sumber : tokopedia.com

Senjata tradisional Jawa Tengah yang berikutnya yaitu peso, senjata ini mempunyai bentuk seperti pisau pada umumnya.

Bagian bilah pisau terbuat dari besi tipis dengan satu mata pisau, gaganya biasa terbuat dari kayu yang ringan. Senjata ini banyak digunakan sebagai peralatan dapur dalam kehidupan sehari-hari.

Thulup Jawa Tengah

Thulup Jawa Tengah
sumber : asyraafahmadi.com

Senjata tradisional dari Jawa Tengah yang selanjutnya yaitu Thulup.

Senjata ini mempunyai konsep penggunaan yang mirip dengan sumpit dari pulau Kalimantan, senjata tradisional Jawa Tengah ini memang mirip dengan sumpit.

Meskipun senjata ini mempunyai kemiripan dengan sumpit Kalimantan, tetapi ada perbedaannya yaitu senjata thulup mempunyai ukuran yang lebih pendek daripada sumpit dari pulau Kalimantan.

Senjata adat Jawa Tengah ini penggunaannya dengan cara ditiup. Peluru dari thulup sendiri adalah anak thulup. Agar lebih mematikan, ujung thulup dan anak peluru akan direndam pada cairan khusus.

Cairan alami tersebut telah dicampuri dengan racun agar lebih mematikan saat mengenai musuh ataupun hewan buruan.

Senjata tradisional Jawa Tengah ini terbuat dari bambu ataupun kayu yang berlubang pada bagian tengahnya.

Demikian penjelasan mengenai senjata tradisional yang ada di daerah Jawa Tengah, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kita terhadap kebudayaan yang ada di Jawa Tengah dan juga Indonesia.

Jangan lupa untuk share artikel ini sebagai bentuk dukungan kepada penulis agar dapat memberikan informasi kebudayaan lainnya.

Dan seperti biasa, terimakasih sudah singgah

Tinggalkan komentar