Ruben Orang yang tertarik dengan dunia tulis menulis ;)

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A16

oppo a16

Oppo A16 merupakan HP Oppo yang keluar pada ada Juli 2021.

HP seharga 1 jutaan ini merupakan penerus dari HP Oppo sebelumnya yaitu Oppo A15. Harga barunya sendiri tempatnya yaitu 1.999.000

Memang sudah menjadi ciri khas brand Oppo yaitu mengganti seri hpnya setiap kurang lebih 6 bulanan

Oppo A16 menjadi salah satu smartphone entry level yang cukup menarik di pertengahan tahun 2021 ini, spesifikasi ini memang menawarkan beberapa hal yang cukup menarik di kelas harga 2 jutaan.

Meskipun ada beberapa hal yang akan menjadi perhatian terutama persoalan Ram yang hanya 3 GB dan internal 32 GB, karena sekarang sudah sangat kurang

Berikut kelebihan dan kekurangan dari Oppo A16 yang sudah menggunakan Android 11 dan tampilan Color OS 11.1

Desain Yang Menarik

desain oppo a16

Desain Oppo A16 membuat HP ini sangat berbeda dan lebih sempurna dibandingkan seri-seri “A” sebelumnya.

Desain yang modern menjadikan HP ini terkesan mewah dan pasti nyaman digenggam karena memiliki beban 190 gr dengan ketebalan 8,4 mm

Pada bagian belakangnya pun terdapat tiga kamera yang ditempatkan dalam sebuah modul persegi di sudut kiri atas bodi.

Oppo A16 mempunyai dua varian warna yang pertama yaitu warna metalik berkilau dan juga hitam kristal

Layar bagian depannya sendiri masih sama dengan seri a15 sebelumnya dengan desain layar waterdrop untuk kamera depan dan berukuran layar sebesar 6.5 inci

Kamera Hp

Kelebihan-dan-Kekurangan-OPPO-A16-Kamera

Selanjutnya kita bahas mengenai kamera di HP Oppo A16 dimana terdapat 3 buah lensa kamera belakang yang dibuat dalam sebuah model persegi

Ketiga kamera tersebut memiliki resolusi yang berbeda diantaranya sebagai berikut

  • Kamera utama 13 MP
  • Kamera makro 2 MP
  • Kamera potret 2 MP

Untuk fitur-fiturnya sendiri tergolong lengkap mulai dari mode portrait, mode malam dan beberapa fitur lainnya.

Untuk kualitas gambarnya sendiri bisa dikatakan biasa saja mengingat harganya yang 2 jutaan. tidak bagus namun tidak jelek juga sesuai harga lah.

Untuk kamera depannya sendiri berada di tengah dengan model waterdrop dengan resolusi 8MP

Baterai Besar 5000mAh

Kelebihan-dan-Kekurangan-OPPO-A16-Baterai

Pembahasan terakhir di HP Oppo A16 ini adalah daya tahan baterai.

Hp Oppo A16 mempunyai kapasitas baterai sebesar 5000 mAh, untuk hal ini bisa dikatakan sudah sama dengan yang lainnya.

Untuk pemakaian normal akan awet digunakan sampai malam, tapi kalo buat yang berat-berat seperti main game atau maps pasti akan terkuras cukup banyak.

Yang perlu kamu perhatikan masalah hp ini adalah chargernya, yaps hp ini hanya diberikan charger 10 Watt dalam paket pembelian.

Dengan charger segitu tentu saja membuat pengisiannya lama, butuh sekitar 2 jam an untuk sampai 100% dari 0

Performa

performa oppo 16

Jika kamu mencari hp dengan performa kencang dengan harga 2 jutaan, mungkin Oppo A16 ini bukanlah pilihan yang tepat.

Mungkin HP ini dikhususkan buat orang-orang yang belum begitu paham dengan spesifikasi handphone atau tidak mempermasalahkan tentang spesifikasi yang penting merknya Oppo.

Hp ini bukan pilihan karena di rentan harga 2 jutaan kamu mendapat chipset MediaTek Helio G35 yang terasa masih sangat kurang terlebih dengan dukungan ram yang kecil di angka 3GB dan memori internal 32 GB.

Terasa masih tergolong sangat pas-pasan banget apalagi aplikasi yang selalu update dan tambah besar, walaupun untuk pemakaian standar-standar aja HP ini masih sangat oke untuk digunakan.

Layar Yang Masih Hd

Layar hp ini bisa dikatakan sama dengan seri sebelumnya A15, dengan resolusi 1600 X 720 piksel atau HD, dengan refresh rate nya sendiri cuman dapat di angka 60Hz saja dan panel IPS .

Ya meskipun banyak hp sekelas yang masih menggunakan layar dengan resolusi HD, tetapi sebagian hp juga sudah FHD untuk harga yang menyentuh angka 2 jutaan ini. Buat kamu yang terbiasa menggunakan hp dengan resolusi dan refresh rate tinggi tentunya akan terasa tidak nyaman ketika menggunakan hp ini.

Kesimpulan Kelebihan Dan Kekurangan Oppo A16

oppo a16

Setelah mengetahui beberapa spesifikasi dari HP Oppo A16 ini sekarang kita ke kesimpulannya.

Hp yang termasuk dalam kelas entry level ini yang paling bisa dibanggakan ialah desain nya yang kelihatan bagus dan mewah untuk harga rentan harga 2 jutaan.

Untuk kamera sendiri cukup bagus terlebih brand Oppo sangat kuat di fitur ini, yang membuat banyak orang menyukai hp ini.

Selain itu kapasitas baterainya juga besar untuk pemakaian sehari-hari, walaupun charger yang didapat masih 10 Watt.

Tapi kalo sudah bicara performa atau chipset yang digunakan lebih baik pikir-pikir lagi. Terlebih buat kamu yang suka bermain game, karena masih menggunakan MediaTek Helio G35 ditambah ram 3GB

Internalnya juga terbilang kecil untuk tahun sekarang, karena seperti yang kita tahu sistem dari hp sendiri biasanya memangkas 10GB, jadi kalo 32GB kamu hanya bisa menyimpan file sebesar 10GB, karena sebagainnya sudah dimakan sistem dan aplikasi.

Demikian penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan hp Oppo A16, semoga artikel ini dapat membantu kamu mendapatkan hp dengan spesifikasi dan budget yang kamu inginkan.

Ruben Orang yang tertarik dengan dunia tulis menulis ;)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *