Ruben Orang yang tertarik dengan dunia tulis menulis ;)

Kelebihan dan Kekurangan Hp Realme C21Y

fitur fitur kelebihan dan kekurangan realme c21y - neprona

Tahun-tahun corona ini memang membuat gaya hidup berubah, tak terkecuali sekolah.

Dahulu sekolah harus bertatap muka dengan guru, sekarang harus daring atau online menggunakan smartphone.

Tak ayal banyak orang tua yang bingung membelikan hp terbaik buat anak mereka.

Ibarat sekarang ini sekolah seperti sudah berada dalam genggaman,, di mana murid-murid mengerjakan tugas di Google Docs atau Google Forms, latihan soal di Zenius, hingga mendengarkan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru melalui Zoom meeting ataupun Microsoft teams

Bagi kamu yang sedang mencari hp untuk kebutuhan daring, Hp Realme C21Y ini mungkin bisa menjadi pilihan.

Berikut kelebihan dan kekurangan Realme C21Y yang dapat kamu pertimbangkan ketika membelinya.

Performa Yang Lebih Ngegass

performa ngebut realme c21y - neprona

Realme C2 1 y merupakan lanjutan dari seri sebelumnya yaitu Realme C21.

Salah satu perbedaan yang sangat terlihat dari hari ini ialah chipset yang digunakan, jika di Realme C2 1 menggunakan MediaTek Helio G35, untuk C21Y sudah menggunakan SoC UNISOC Tiger T610.

Meskipun namanya kurang familiar di sebagian orang Tapi esok ini sudah sebanding dengan MediaTek Helio g80 dan juga Snapdragon 678.

Oleh karena itu dengan rentan harga 1-2 jutaan Performa yang diberikan sudah setara dengan HP sekitar 2 setengah jutaan.

Baterai 5000mAh

baterai realme c21y - neprona

Mungkin tidak spesial bagi kalian pecinta tekno mengenai baterai 5000mah di hp kisaran 1-2 jutaan.

Tapi karena performa dari chipset dan beberapa bagian yang disunat membuat baterai ini lebih awet dibandingkan dengan hp yang lebih mahal.

Tapi satu hal yang menjadi masalah utama ialah daya charger dalam paket pembelian. Untuk harga satu jutaan memang kita tak bisa berharap banyak, Realme hanya memberikan charger 10 Watt.

Layar 6.5 Inci Dengan Mini-Drop Fullscreen

layar realme c21y - neprona

Layar hp ini beresolusi HD+ dengan panel IPS, salah satu fitur yang dibawa Realme C21Y ialah mini-drop fullscreen yang membuat hp ini mempunyai rasio layar hampir 90% tepatnya 89.5%

untuk mendukung aktifitas belajar refresh rate memang tidak diperlukan yang cepat, hp ini juga masih menggunakan refresh rate 60Hz.

Untuk belajar online, menonton YouTube, ataupun bermain game ringan tentunya sudah sangat lancar.

Kamera Realme C21Y

kamera realme c21y - neprona

Hp yang sudah menggunakan tiga kamera ini sudah sangat membantu buat aktifitas sekolah yang membutuhkan gambar seperti zoom ataupun memfoto tugas.

Kamera di hp Realme C21Y sendiri di bagian belakang ada tiga yaitu

  • kamera utama 13MP
  • kamera Makro 2MP
  • kamera B&W 2MP

Ya untuk harga segini memang tidak bisa berharap banyak untuk kualitas gambarnya, terlebih Realme merupakan salah satu brand yang mempunyai kamera membuat pemakainya lebih “cantik”.

Ada beberapa mode dari hp ini seperti super nightscape, chroma bost, slo-mo video recording, ai selfie camera dan lain sebagainya.

Untuk kamera depannya sendiri beresolusi 5MP yang sudah cukup untuk digunakan anak-anak untuk daring atau sekolah tatap muka dengan guru.

Storage Terbatas 32gb

Buat harga resmi 1.699 atau 1.7 ini memang agak disayangkan kalo mempunyai internal yang kecil, seperti yang kita tahu sekarang ini aplikasi seiring waktu semakin besar.

Apalagi sistem hp yang memakan hampir 10Gb jadi agak sempit saya rasa, meskipun bisa menyimpan file-file di micro SD namun rasanya tetap saja kurang.

Mungkin storage 32 ini bisa bertahan 1 atau 2 tahunan mengingat aplikasi-aplikasi yang selalu update.

Desain Body

body desain realme c21y - neprona

Buat body hp ini masih terbuat dari plastik dengan Os Android 10 (sejak artikel ini dibuat sudah Android 11) dan tampilan Realme UI R Edition (mirip android stock).

Karena menggunakan Realme UI R Edition membuat hp ini tidak ada fitur ekstra seperti Screen Recording, dual messenger, dan beberapa fitur lainnya.

Tetapi yang menjadi nilai plus ialah performa hp lebih gesit karena memory tidak terbebani.

Hp ini juga sudah triple slot jadi bisa di pasang dua nano sim dan satu Micro SD, di bagian belakang juga sudah ada fingerprint jadi lebih mudah membuka hp.

Buat desainnya sendiri sama dengan seri sebelumnya jadi gak bisa memberi komentar lebih banyak.

Kesimpulan Kelebihan Dan Kekurangan Realme C21Y

fitur fitur kelebihan dan kekurangan realme c21y - neprona

Dengan harga 1,5-an mungkin hp ini bisa menjadi rekomendasi menarik bagi kamu khususnya yang sedang sekolah online.

Tetapi jika dilihat dari para kompetitornya, saya yakin dengan uang segitu masih bisa mendapatkan ram, internal dan SoC yang lebih bagus lagi.

Tapi buat kamu yang sudah percaya dengan Realme dan tidak mau mencoba brand lain, mungkin hp ini bisa menjadi rekomendasi buat hp entry level.

Semoga artikel mengenai kelebihan dan kekurangan Realme C21Y ini dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari hp untuk sekolah online.

Dan seperti biasa, terimakasih sudah mampir.

Ruben Orang yang tertarik dengan dunia tulis menulis ;)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *