Ruben Orang yang tertarik dengan dunia tulis menulis ;)

Cara Mudah Untuk Membuat Gambar Sketsa Gajah

Cara gambar sketsa gajah

Sketsa Gambar Gajah – gajah merupakan salah satu hewan yang sekarang ini sudah langka dan harus dilindungi karena terancam punah.

Hewan besar tipe herbivora ini merupakan tipe hewan pengelana, sehingga tempat tinggalnya selalu berpindah-pindah. Gajah termasuk hewan yang berukuran besar.

Hewan ini sendiri menurut saya cukup imut dan menggemaskan meskipun berukuran sangat besar. Hewan yang setia ini memilih untuk hidup secara berkelompok.

Para seniman juga biasa menggunakan gajah sebagai salah satu objek untuk digambar, jika kamu tertarik untuk menggambar gajah, maka dibawah ini caranya.

Langsung saja berikut artikel mengenai sketsa gajah, dibaca dengan seksama ya. Tetapi sebelumnya kenali lebih dekat yuk hewan yang satu ini.

Mengenal Lebih Dekat Mengenai Gajah

Gajah gambar dan sketsa

Gajah adalah hewan mamalia darat terbesar di dunia saat ini.  Gajah berasal dari ordo Probaoscidea dan famili Elephantidae.

Gajah sendiri secara umum terbagi menjadi dua spesies yaitu gajah Asia atau gajah Afrika.

Ada perbedaan diantara keduanya dimana ukuran tubuh gajah Afrika atau Loxodonta Africana lebih besar dibandingkan dengan gajah asia atau Elephas Maximus.

Di Indonesia sendiri ada juga spesies gajah yaitu gajah Sumatera dan juga gajah Kalimantan.

Seperti yang telah dijelaskan hewan gajah terancam punah karena banyak diburu oleh manusia untuk diambil gadingnya, seperti yang kita tahu gading gajah sering dibuat aksesoris atau hiasan.

Cara Gambar Sketsa Gajah.

Dibawah ini cara untuk menggambar gajah dengan mudah. Untuk menggambarnya usahakan untuk tidak menekan pensil tidak terlalu kuat agar garis dapat mudah dihapus.

Setelah gambar jadi baru di pertebal.

Berikut cara menggambar gajah

  • Pertama buat sketsanya terlebih dahulu, buat sketsa badan gajah dengan bentuk oval besar. Cara gambar sketsa gajah
  • Selanjutnya buat lingkaran kecil di sebelah bentuk oval tadi, lingkaran ini nantinya akan dijadikan sebagai kepala gajah.Cara gambar sketsa gajah
  • Buat dua garis di lingkaran sketsa kepala gajah, garis ini nantinya akan dijadikan sebagai sketsa wajah gajah.Cara gambar sketsa gajah
  • Kemudian buat garis melengkung panjang di sketsa kepala gajah, garis ini sebagai sketsa belalai gajah.Cara gambar sketsa gajah
  • Langkah berikutnya buat garis melengkung lagi untuk dijadikan gading gajah.Cara gambar sketsa gajah
  • buat setengah lingkaran di sebelah kanan kepala gajah, garis ini nantinya akan dijadikan sebagai telinga gajah sehingga buat agak besar.Cara gambar sketsa gajah
  • Langkah selanjutnya di bagian kanan badan gajah buat garis melengkung sebagai ekor gajah.Cara gambar sketsa gajah
  • Di Bawah badan gajah, buat 4 garis yang nantinya akan digunakan sebagai sketsa kaki gajah. Sketsa gajah sudah jadi, selanjutnya kita akan membuatnya lebih detail.Cara gambar sketsa gajah
  • Pertama buat detail mata di bagian sketsa wajah gajah. Mata gajah berada di tengah garis agak ke samping. Karena mata gajah berkerut, maka buat garis-garis untuk mempresentasikannya.Cara gambar sketsa gajah
  • Gunakan garis di bagian kepala gajah untuk membuat mulut dan gading gajah. Pada bagian mulut buat seperti ada lipatan-lipatan.
  • Langkah berikutnya membuat belalai gajah, gunakan garis melengkung sebelumnya untuk membuat detail belalai gajah. Jangan buat belalai gajah terlalu lurus, tetapi buat seperti ada lipatan. Untuk satu bagian gading berada di depan.
  • Pada garis busur buat telinga gajah, seperti yang kita tahu telinga gajah berukuran besar. Beri sedikit bentuk sudut agar telinga gajah lebih nyata dan tidak terlihat bundar sangat.Cara gambar sketsa gajah
  • Langkah berikutnya tinggal memberi detail pada kepala gajah, gunakan garis yang telah dibuat.Cara gambar sketsa gajah
  • Buat kaki gajah dengan mengikuti garis sketsa, buat benjolan dibawah bawah dan buat juga busur pada bagian kaki gajah sebagai kuku, jangan lupa untuk memberikan lipatan-lipatan agar terlihat lebih realistik, gunakan cara yang sama untuk kaki sebelahnya.Cara gambar sketsa gajah
  • Untuk kaki bagian belakang caranya hampir sama, gambar saja bagian yang terlihat. Karena kaki sebelah kanan tertutup kaki sebelah kiri.Cara gambar sketsa gajah
  • Kemudian buat ekor gajah dengan menggunakan garis yang telah dibuat, buat bulu-bulu kasar di ujung ekor gajah.Cara gambar sketsa gajah
  • Pada bagian sketsa badan gajah, buat garis untuk membuat badan gajah. Jangan buat badan gajah lurus tetapi beri sedikit lekukan-lekukan agar lebih bagus.Cara gambar sketsa gajah
  • Setelah selesai, hapus bagian yang tidak diperlukan hapus saja garis sketsa awal yang telah dibuat. Kamu tak perlu khawatir nantinya dapat kamu gambar lagi.Cara gambar sketsa gajah
  • Tambahkan arsiran pada gambar gajah barusan agar gajah terlihat lebih nyata, tentukan arah cahaya yang kamu inginkan. Pada bagian bawah beri arsiran sebagai pijakan gajah.Cara gambar sketsa gajah

Sketsa Gambar Gajah Mudah

sketsa gambar gajah mudah

Jika kamu merasa kesulitan untuk menggambar gajah seperti cara diatas, kamu dapat menggambar gajah dengan mudah dan sederhana.

Dibawah ini beberapa gambar gajah yang dapat kamu jadikan contoh untuk gambar gajah sederhana.

Bagaimana apakah masih kesulitan, usahakan untuk tidak membuat garis dengan tebal tetapi dengan garis-garis halus agar mudah dihapus.

Tahu gak kamu gajah merupakan salah satu hewan yang menjadi lambang negara, negara yang menggunakan gajah sebagai lambang negara ialah Thailand, negara ini disebut juga dengan negara Gajah Putih.

Meskipun badannya besar, gajah cenderung tidak akan menyerang manusia atau hewan lain kecuali jika dalam keadaan darurat.

Syukurnya juga hewan besar ini merupakan hewan herbivora, bayangkan jika hewan ini karnivora maka akan ada banyak sekali hewan atau orang yang dimakannya.

Sketsa Gajah Kartun

sketsa gambar gajah kartun

Kamu juga dapat menggambar kartun gajah seperti dibawah ini dengan sangat mudah. Ada beberapa gambar kartun gajah yang dapat kamu ikuti

Kartun memang sangat menggemaskan untuk dilihat, gambar-gambar dibawah ini saya rasa sangat mudah untuk digambar.

Tak perlu khawatir jika gambar kamu kurang bagus, hapus dan ulangi lagi sehingga dapat menghasilkan gambar yang bagus.

Ada salah satu fakta unik mengenai mamalia terbesar di darat ini yaitu kawanan gajah dipimpin oleh gajah betina, bukan gajah laki-laki. Seperti yang kita tahu kebanyakan kawanan hewan dipimpin oleh hewan jantan.

Sekarang ini memang gajah sudah sangat sedikit, ada beberapa penyebab yang membuat hewan ini semakin sedikit. Berikut penjelasannya:

  • Rusaknya habitat
  • Perburuan gading
  • Pemanasan global
  • Pemanfaatan gajah sebagai hewan sirkus

Perlu kamu ketahui, untuk bisa beranak, seekor gajah mengandung selama hampir 2 tahun atau 22 bulan baru bisa melahirkan anak. Jadi kalo diburu-buru terus hewan ini tidak bisa meneruskan populasinya.

Sketsa Gajah Lucu

Sketsa Gambar lucu

Gajah merupakan hewan yang mudah baper atau mempunyai perasaan yang tinggi. Seperti saat ada gajah betina yang melahirkan, maka seluruh kawanan gajah akan turut menjaga anak tersebut.

Tak hanya itu, jika ada gajah yang sakit maka mereka akan sangat khawatir. Apalagi jika ada gajah yang mati, maka mereka akan menangisinya dan meratapinya beberapa jam sebelum menutupi dengan tanah atau dedaunan.

Gajah juga terkadang mengeluarkan ekspresi yang lucu sehingga membuat hewan ini menggemaskan, jika kamu tertarik untuk menggambar sketsa gajah lucu, maka dapat mencontoh gambar dibawah ini.

Sketsa gambar gajah

Ada bermacam-macam jenis gajah seperti gajah sumatera, gajah afrika, gajah thailan dan lain sebagianya.

Kamu dapat memilih gambar-gambar mana saja yang tertarik untuk kamu gambar.

Penutup

Demikian penjelasan tentang sketsa gambar gajah yang telah dijelaskan, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca.

Jangan lupa untuk bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat bagi orang-orang disekitar kita.

Dan adik-adik yang masih belajar menggambar, jangan pantang menyerah untuk menggambar agar lebih bagus kedepannya.

Ruben Orang yang tertarik dengan dunia tulis menulis ;)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *