Cara Mengatasi Laptop Lemot

Bagi setiap orang yang bekerja atau menggunakan laptop akan terasa sangat menyebalkan jika kinerja laptop atau PC yang digunakan lemot.

Hal ini karena laptop lemot dapat menyebabkan kita memakan waktu lebih untuk mengerjakan sesuatu, sehingga kinerja kita semakin lamban.

Lantas bagaimanakah cara mengatasi laptop lemot ?

Di Kesempatan kali ini neprona.com akan membahas cara memperbaiki laptop lemot. Kamu dapat mempraktikkan cara-cara dibawah karena sangat gampang.

Tetapi sebelum kamu membaca artikel ini alangkah baiknya jika kamu mengetahui penyebab laptop lemot.

Langsung saja, tanpa basa basi inilah 13 cara untuk mengatasi laptop lemot parah yang dapat kamu lakukan.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Tenang saja apabila laptop kamu lemot, karena ada beberapa cara agar laptop kamu tidak lemot kembali

Uninstall Aplikasi Penyebab Lemot

Uninstall Aplikasi Penyebab Lemot

Kalian tentunya pengin sekali menjadikan laptop sebagai alat multiguna, bisa buat kerja seperti word atau excel, editing video atau gambar, bermain game, entertaint dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu kamu menginstall banyak aplikasi agar dapat memenuhi keinginan kamu.

Tetapi ada satu hal yang perlu kamu sadari yaitu terlalu banyak menginstall aplikasi maka akan dapat membuat penyimpanan di Drive C menjadi penuh sehingga akan membutuhkan waktu yang lama saat membaca file di hard disk.

Jika kamu masih memaksakannya, maka dapat dipastikan dalam jangka panjang kinerja laptop kamu akan menjadi lemot.

Salah satu cara mudah mengatasi laptop lemot ialah dengan uninstall aplikasi-aplikasi yang jarang atau bahkan sama sekali tidak kamu gunakan. Dengan demikian, penyimpanan di system mu akan lebih longgar dan lebih cepat membaca data.

Seleksi kembali aplikasi-aplikasi yang jarang kamu gunakan di control panel, karena bisa saja kamu tidak sengaja menginstall aplikasi saat sedang browsing dari suatu website tertentu.

Setelah itu pakai aplikasi yang kamu butuhkan saja, karena akan sangat disayangkan apabila penyimpanan mu penuh karena aplikasi-aplikasi yang tidak berguna.

Baca juga Aplikasi yang wajib terinstall di laptop kamu

Memakai Antivirus

Memakai Antivirus

Salah satu alasan kenapa laptop kamu lemot yaitu karena terkena malware atau virus.

Laptop memang seperti manusia yang dapat terkena penyakit, sehingga dapat menyebabkan kinerja dari perangkat tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka kamu dapat menginstall aplikasi antivirus terbaik agar dapat mencegah atau menghilangkan segala macam bentuk virus yang menyerang laptopmu.

Selalu cek secara berkala file-file yang ada di laptopmu, dan jangan lupa untuk selalu update antivirus yang kamu gunakan agar dapat menghalau berbagai macam virus-virus baru yang belum ditemukan.

Membersihkan Drive C

Kita memang bisa menganalogikan laptop seperti tubuh manusia, terutama mengenai usianya. jika kamu sudah menggunakan laptop di atas 3 tahun, maka dapat dipastikan kinerjanya menurun.

Salah satu solusi untuk meningkatkan kinerja yaitu dengan membersihkan data di drive C.

Kamu hanya perlu uninstall program dan aplikasi yang tidak digunakan, serta hapus data-data yang masih tersimpan.

Install Ulang Windows

Penggunaan laptop secara maksimal memang sekitar 5 tahunan, karena semakin tua usia laptop maka akan berpengaruh terhadap kinerja hardware dan juga software.

Yang paling terpengaruh ialah OS atau Operating System (sistem operasi) terutama bagi kalian pengguna laptop dengan sistem operasi Windows.

Terlebih jika windows kalian sudah banyak error maka performa dari laptop akan buruk dan sering terjadi crash.

Jika sudah terlalu parah, maka alangkah baiknya jika kamu menginstall ulang windows yang kamu gunakan.

Seperti yang kita tahu bahwa OS windows memang rawan terkena virus dan berat. Jika kamu tertarik untuk menggunakan OS yang lebih ringan maka tidak salah kalau kamu mencoba os Linux.

Os linux memang tidak terlalu terkenal di Indonesia dan kalah jika dibandingkan dengan OS windows dalam hal aplikasi penunjang produktivitas, tetapi jika kamu hanya ingin memaksimalkan performa laptop maka OS linux merupakan pilihan tepat.

Mengganti Pasta Prosesor

Mengganti Pasta Prosesor

Thermal Paste adalah pasta yang ada di luar prosesor yang berguna untuk menjaga dan mendinginkan suhu prosesor agar tidak cepat panas.

Dengan suhu prosesor yang stabil, maka laptop tidak akan mengalami overheating yang menyebabkan laptop kamu panas dan lemot. Usahakan untuk mengganti pasta processormu minimal 3 tahun sekali.

Jika kamu bisa menggantinya sendiri maka gantilah, tetapi jika tidak bisa maka pasrahkan saja ke service komputer.

Memakai Cooling Pad atau Vacuum Cooler

Memakai Cooling Pad atau Vacuum Cooler

Salah satu cara untuk mengurangi panas pada laptop ilaah menggunakan cooling pad.

Cooling pad adalah perangkat berupa kipas tambahan yang digunakan untuk menstabilkan suhu laptop agar tidak panas. Dengan suhu yang stabil maka laptop tidak akan bekerja berlebihan dan lemot.

Selain menggunakan cooling pad kamu juga bisa menggunakan vacuum cooler, perangkat ini berguna untuk menyedot udara panas yang ada dalam laptop kamu.

Mengganti Hardisk ke SSD

Mengganti Hardisk ke SSD

Penyebab lain mengapa laptop kamu lambat mungkin ia masih menggunakan media penyimpan lama yaitu HDD atau dikenal dengan hardisk.

Hardisk memang mempunyai kemampuan untuk membaca data tidak terlalu cepat. Untuk hal itu kamu dapat memaksimalkan dengan pemakaian SSD.

Cara ini merupakan cara terampuh untuk mempercepat laptop lemot, karena SSD akan membuat proses booting menjadi lebih cepat dan laptop semakin responsif.

Harga ssd memang agak mahal jika dibandingkan dengan HDD, tetapi cara ini merupakan cara paling ampuh yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat kinerja laptop kamu.

Jadi pertimbangkanlah menggunakan SSD jika ada budget lebih.

Menggunakan Aplikasi Pembersih Laptop

Menggunakan Aplikasi Pembersih Laptop

Cara lain untuk membuat laptop kamu semakin cepat yaitu dengan menggunakan aplikasi pembersih. Kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih untuk membersihkan cache yang ada di laptop kamu.

Dengan membersihkan cache maka performa laptop kamu akan semakin cepat karena dibersihkan dari file sampah.

Ada berbagai macam aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk membersihkan cache yaitu seperti CCleaner, IObit, Advanced System Optimizer dan lain sebagainya.

Disk Deframent Tools

Disk Deframent Tools

Cara terakhir ini memang tidak banyak diketahui oleh para pengguna komputer PC. Cara tersebut ialah dengan menggunakan tool bawaan windows yaitu Disk Defragment yang ada di control panel.

Dengan tool ini file-file yang ada di penyimpanan akan dapat tertata. Kamu dapat mengaktifkan tool ini untuk menata data kamu secara otomatis setiap hari, minggu atau bulanan.

Disini saya merekomendasikan mingguan saja, karena proses defragment juga mengambil kinerja RAM.

Aplikasi Sesuai Spesifikasi Laptop

Aplikasi Sesuai Spesifikasi Laptop

Pada saat kita membeli laptop pertama kali ada hal yang perlu diperhatikan yaitu spesifikasi. Bagi kalian yang sudah paham tentunya tidak akan masalah, tetapi bagaimana jika belum ?

Yaps, spesifikasi merupakan satu hal yang wajib kamu perhatikan saat membeli sebuah laptop, karena kamu akan tahu laptop tersebut akan digunakan untuk apa ?

Bagi kamu yang suka bermain game-game berat tentunya tidak patut untuk membeli laptop-laptop yang digunakan untuk kebutuhan kantoran, begitu juga sebaliknya.

Apabila aplikasi-aplikasi yang kamu install tidak sesuai dengan spesifikasi laptop maka tak heran jika laptop yang kamu gunakan akan lambat dan tidak bisa digunakan dengan maksimal.

Seperti contoh kamu ingin bermain game berat pada laptop yang mempunyai spesifikasi laptop dibawah ketentuannya, maka dapat dipastikan bawah kinerjanya akan tidak lancar.

Dengan demikian dapat kita tahu bahwa solusi terbaik ialah dengan memilih aplikasi-aplikasi sesuai dengan spesifikasinya, dengan demikian kinerja laptop kamu akan semakin kencang dan ngebut.

Jangan Memaksa Kinerja RAM

Jangan Memaksa Kinerja RAM

Bagi pengguna laptop ataupun hp tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah RAM.

RAM merupakan memori yang digunakan secara sementara untuk menjalankan aplikasi, oleh karena itu kamu jangan sekali-kali memaksa kinerja RAM untuk menjalankan aplikasi berlebihan.

sebagai contoh berikut kamu memainkan game dengan settingan rata kanan, ditambah dengan memutar musik dan ditambah dengan sedang me-render video.

Padahal seperti yang kita tahu bahwa game memakan RAM yang sangat besar, begitu juga dengan rendering. Dengan penerapan demikian maka dapat dipastikan laptop kamu akan sangat lemot.

Oleh karena itu, jika kamu ingin multitasking atau menggunakan beberapa aplikasi bersamaan, maka alangkah baiknya jika disesuaikan dengan spesifikasi laptop yang kamu gunakan.

Atau jika perlu kamu dapat melihat penggunaan RAM di Task Manager saat menjalankan aplikasi, dengan demikian kamu dapat mengontrol kinerja laptop kamu.

Bersihkan Desktop dan Aplikasi Saat Laptop Startup 

Bersihkan Desktop dan Aplikasi Saat Laptop Startup 

Salah satu alasan mengapa laptop lemot yaitu banyaknya aplikasi yang ada di desktop kamu. Jika kamu mempunyai laptop dengan spesifikasi tinggi tentunya hal tersebut tidak menjadi masalah.

Penyebab kenapa aplikasi di desktop menjadi laptop lamban ialah karena lambat dalam merespon perintah dari user.

Perlu kamu perhatikan juga untuk mengawasi aplikasi-aplikasi yang berjalan saat laptop dalam aktivitas startup. Meskipun seperti yang kita tahu bahwa aplikasi-aplikasi yang berjalan yaitu aplikasi penting seperti antivirus.

Tetapi usahkana untuk membatasi aplikasi-aplikasi tersebut. Karena seperti yang kita tahu bahwa aplikasi-aplikasi tersebut tetap memakan RAM karena working in background atau masih berjalan di latar belakang.

Menambah Kapasitas RAM

Menambah Kapasitas RAM

Cara berikutnya merupakan solusi paling ampuh untuk mengatasi laptop lemot windows 10, namun kamu harus menambah uang untuk melakukannya yaitu dengan menambah kapasitas RAM.

Pada saat kita membeli laptop apalagi kaum misqueen tentunya memilih harga yang murah dan mempunyai kapasitas RAM yang kecil, seperti 4GB.

Ram 4GB memang kecil untuk ukuran Laptop zaman sekarang, untuk dapat performa yang lebih ngebut kamu bisa mengupgrade-nya menjadi 8GB atau 16GB, setelah mempunyai dana lebih.

Bagi kamu yang sudah ada niatan untuk menambah kapasitas RAM alangkah baiknya jika melihat dulu spesifikasi RAM di laptop kamu, seperti apakah bisa di upgrade, berapa kapasitas maksimalnya, dan jenisnya.

Laptop Kembali Lancar

Demikian berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi laptop lemot. Memang beberapa cara hanya memberikan dampak kecil, tetapi itu lebih baik daripada tidak sama sekali.

Semoga dengan membaca artikel ini dapat mempercepat kinerja laptop kamu, dan jangan luap untuk share artikel ini.

Dan seperti biasa, terimakasih sudah singgah

Tinggalkan komentar