Cara Menampilkan Folder Tersembunyi di Windows 10

Pernah gak sih kamu sedang mengikuti sebuah tutorial mengenai laptop, lantas saat mencari file atau folder malah gak ketemu.

Bisa jadi file atau folder tersebut tersembunyi atau disembunyikan oleh sistem operasi.

Salah satu sistem operasi yang menyembunyikan file atau folder tersebut ialah sistem operasi Windows.

Alasan windows menyembunyikan file ialah agar tidak dapat diakses ataupun dilihat oleh para pengguna saat berada di file explorer. Hal tersebut karena alasan faktor keamanan.

Baca artikel:

Nah di kesempatan kali ini kita akan berbagi tips bagaimana menampilkan file-file tersembunyi.

Karena ada beberapa alasan kita harus menampilkan file atau folder karena tersembunyi dari malware, spyware, virus atau lainnya karena ingin memperbaiki komputer kita.

Tenang saja, cara yang kita gunakan disini aman kok, karena fitur untuk menampilkan file tersembunyi memang sudah disediakan oleh windows.

Berikut penjelasannya.

Melalui File Explorer

Cara pertama yang dapat kita lakukan untuk menampilkan file tersembunyi di windows ialah dengan menggunakan file explorer.

Kamu dapat membuka file explorer dengan kombinasi dari shortcut windows yaitu Winkey + X. Selanjutnya pilih file explorer seperti gambar dibawah ini.

Cara menampilkan file tersembunyi melalui file eksplorer

Setelah jendela file explorer terbuka, kemudian arahkan ke drive C untuk menampilkan file-file atau folder yang ada di laptop kamu. Pastikan kamu berada di tab VIEW.

Cara menampilkan file tersembunyi melalui file eksplorer

Perhatikan kolom show/hide, beri centang pada check box atau kotak yang bertuliskan Hidden items.

Cara menampilkan file tersembunyi melalui file eksplorer

Setelah itu perhatikan kembali perubahan file-file yang ada setelah check box tersebut telah di centang. Kamu akan menjumpai folder-folder lainnya.

Untuk folder yang tersembunyi biasanya akan mempunyai warna agak transparan seperti gambar di bawah ini.

Melalui Kotak Dialog Folder Option

Selain cara di atas kamu juga dapat menampilkan folder ataupun file tersembunyi dengan menggunakan folder option.

Caranya ialah dengan menggunakan shortcut windows yaitu winkey + X atau bisa juga dengan klik kanan pada logo windows. Kemudian pilih Control panel.

Selengkapnya mengenai cara membuka control panel dengan mudah.

Setelah itu maka akan tampil jendela control panel. Langkah selanjutnya ialah pilih Appearance and Personalization untuk membukanya.

Cara menampilkan file tersembunyi melalui folder options

Setelah terbuka kemudian kamu cari Folder Options dan pilih Show hidden files and folders untuk menampilkan file-file yang tersembunyi di laptop kamu.

Cara menampilkan file tersembunyi melalui folder options

Setelah itu akan muncul kotak dialog dari Folder Options, untuk menampilkan file atau folder yang tersembunyi maka klik tombol yang terdapat kata show hidden files, folders, and drives.

Setelah itu pencet tombol Apply dan Ok untuk menyetujuinya.

Cara menampilkan file tersembunyi melalui folder options

File-file tersembunyi di Windows

Ada dua kelompok file tersembunyi di dalam sistem operasi windows, berikut penjelasannya.

Kelompok pertama

Kelompok pertama ialah file-file yang tersembunyi oleh atribut +H, untuk menampilkan file tersebut kamu cukup mengganti +H menjadi -H.

Kelompok kedua

Kelompok kedua ilaha file-file sistem dari windows agar komputermu tetap bisa berjalan dengan lancar, dan file tersebut disembunyikan agar tidak diubah maupun dihapus.

File tersebut sebaiknya jangan kamu otak-atik karena banyak pengaturan penting di dalamnya.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai cara membuka file-file tersembunyi yang ada di dalam laptop windows. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu. Cara ini juga dapat kamu gunakan bagi laptop windows 7, 8, dan 8.1.

Jangan lupa untuk share atau bagikan artikel ini ke teman sosial media kamu agar dapat memberikan manfaat yang lebih banyak. Jika kamu masih belum paham silahkan tanyakan saja di kolom komentar.

Dan seperti biasa, terimakasih sudah singgah

Tinggalkan komentar