Cara Mempercepat Koneksi Internet di Windows 10

Kita pasti sering mengalami permasalahan mengenai koneksi internet, terlebih bagi kalian para pengguna laptop windows 10.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih mendalam mengenai cara mempercepat koneksi internet di sistem operasi di windows 10.

Tetapi sebelumnya ada sedikit pengetahuan yang akan saya bagikan mengenai sistem operasi terbaru dari Microsoft ini, apa saja fitur terbarunya, berikut penjelasannya:

Sistem operasi windows merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan bersaing dengan os Linux dan juga macintosh.

Salah satu kelebihan dari sistem operasi windows yaitu User Friendly atau sangat mudah digunakan.

Versi windows pun mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang terkenal seperti Xp, windows 7, windows 8, dan yang terbaru ialah windows 10.

Windows 10 merupakan versi penyempurnaan dari windows 8, sehingga ada beberapa fitur baru seperti cortana, task view, microsoft edge dan lain sebagainya.

Penyebab Koneksi Internet Lambat di Windows 10

Selain beragam kelebihan yang telah dijelaskan diatas, ternyata laptop windows juga mempunyai kekurangan yaitu koneksinya yang lambat jika dibandingkan dengan Os lain.

Hal tersebut karena pemakaian dari windows 10 yang sangat memakan bandwith, terlebih dengan adanya fitur windows auto tuning.

Lantas bagaimana cara yang dapat kamu lakukan untuk mempercepat koneksi internet di laptop windows 10 kamu ?

Perlu kamu ketahui bahwa koneksi internet tergantung dengan koneksi jaringan yang kamu gunakan, namun ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepatnya.

Berikut penjelasannya

Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10

Di Kesempatan kali ini ada dua cara yang dapat kamu lakukan untuk mempercepat internetmu di laptop windows, selamat mencoba.

Menonaktifkan Fitur Windows Auto-Tuning

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mempercepat koneksi internet windows 10 ialah dengan menonaktifkan salah satu fitur dari windows 10 yaitu Auto-tuning.

Jika kita berkaca pada versi-versi windows sebelumnya, windows 10 memang mempunyai berbagai macam fitur yang berbeda dibandingkan dengan windows 7 ataupun 8.

Auto tuning sendiri berfungsi untuk meningkatkan performa dari program windows saat menerima data TCP.

Saat kamu pertama kali menginstall windows 10, maka fitur auto tuning tersebut akan secara default akan aktif sehingga secara otomatis akan memakan kuota internet apabila terhubung dalam jaringan internet.

Oleh sebab itulah, fitur ni juga merupakan salah satu penyebab mengapa koneksi internet dalam laptop windows 10 kamu menjadi lelet.

Meskipun demikian kamu tenang saja, karena fitur dari windows ini bisa dinonaktifkan kok.

Berikut cara untuk mempercepat koneksi internet di windows 10 dengan mematikan fitur auto tuning

  1. Cara pertama ialah klik kanan pada menu start dan pilih RUN, kamu juga bisa menggunakan kombinasi shortcut windows 10 untuk membuka RUN yaitu Winkey + R
  2. Langkah selanjutnya ialah dengan mengetik CMD setelah kotak pencarian RUN muncul, dan klik OK.Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 dengan Menonaktifkan Fitur Windows Auto-Tuning
  3. Tunggu sebentar dan jendela CMD akan terbuka secara otomatis.
  4. Langkah selanjutnya ialah pastikan terlebih dahulu apakah fitur dari windows auto tuning laptop kamu sedang aktif atau tidak, caranya ialah dengan mengetikan baris perintah netsh interface tcp show global, kemudian tekan Enter.Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 dengan Menonaktifkan Fitur Windows Auto-Tuning
  5. Setelah beberapa informasi mengenai laptopmu keluar, perhatikan bagian Receive Window Auto-Tuning Level apabila statusnya Enable/Normal, maka fitur auto tuning sedang aktif.Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 dengan Menonaktifkan Fitur Windows Auto-Tuning
  6. Langkah selanjutnya ialah menonaktifkan fitur windows auto tuning dengan mengetikan baris perintah sebagai berikut netsh int tcp set global autotuninglevel=disabled lalu kemudian tekan enter.Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 dengan Menonaktifkan Fitur Windows Auto-Tuning
  7. Langkah selanjutnya ialah akan keluar tulisan Ok sebagai tanda bahwa fitur dari windows auto tuning sudah berhasil di nonaktifkan atau dimatikan.
  8. Jika sudah restart komputermu untuk mencoba koneksi internet apakah lebih cepat

Perhatian, untuk dapat menonaktifkan fitur tersebut kamu harus menjalankan CMD dalam mode administrator, untuk lebih lengkapnya silahkan baca tulisan dibawah ini:

Cara membuka CMD mode administrator

Menonaktifkan Update Otomatis

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk mempercepat internet di laptop windows mu ialah dengan menonaktifkan fitur otomatis update dari windows.

Perlu kamu ketahui bahwa otomatis update sama dengan otomatis mendownload atau mengunduh program-program baru.

Jadi dapat dipastikan apabila laptop kita otomatis mendownload maka kecepatan internet akan terbagi sehingga menjadi lemot.

Fitur update memang mempunyai beberapa sisi positif seperti memperbaiki bug dari suatu sistem, namun ada juga sisi negatif salah satunya yaitu memperlambat koneksi internet.

Jadi kalo kamu mau koneksi internet di laptop windows 10 kamu semakin ngebut salah satu cara ialah dengan menonaktifkan fitur windows update otomatis dan mengubahnya menjadi manual.

Berikut cara mempercepat koneksi internet dengan menonaktifkan fitur windows update.

  1. Cara pertama ialah dengan membuka control panel di laptop kamu
  2. Setelah control panel terbuka, cari fitur Administrative Tools di kotak pencarian sebelah atas, setelah itu buka fitur tersebut.Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 dengan Menonaktifkan Update Otomatis
  3. Setelah fitur Administrative Tools terbuka, langkah selanjutnya ialah dengan membuka opsi Service, seperti gambar dibawah ini.Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 dengan Menonaktifkan Update Otomatis
  4. Langkah selanjutnya ialah dengan mencari sistem Windows Update, dan klik dua kali untuk membukanya.Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 dengan Menonaktifkan Update Otomatis
  5. Selanjutnya akan muncul kotak jendela Windows Update Properties (Local Computer), pada pilihan Service status: Running pilih tombol stop.Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 dengan Menonaktifkan Update Otomatis
  6. Langkah selanjutnya ialah dengan me-restart komputermu agar program dapat dihentikan
  7. Jika sudah maka secara otomatis pengunduhan update windows akan berhenti sehingga koneksi internet kamu menjadi cepat kembali.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai cara mempercepat koneksi internet di windows 10 yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki kecepatan internet kamu.

Perlu kamu ketahui bahwa cara diatas tidak akan memberikan dampak yang sangat besar dalam performa koneksi internet mu, namun dengan tips-trick diatas dapat membuat pemakaian internet kamu lebih efisien.

Apabila ada cara yang belum kamu paham, maka silahkan tanya saja di kolom komentar.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, dan seperti biasa terimakasih sudah singgah.

 

Tinggalkan komentar