Ruben Orang yang tertarik dengan dunia tulis menulis ;)

Cara Membuka File Enc di Laptop Windows 10

Berkas atau yang biasa disebut dengan file merupakan salah satu komponen wajib yang ada di dalam gadget, entah itu laptop, komputer, smartphone ataupun tablet.

Setiap file mempunyai ekstensi berbeda-beda untuk menandakan kegunaannya seperti doc untuk file berbasis dokumen, rar file jenis kompres, file .exe jenis program yang bisa di lanjankan dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, untuk membukanya pun dibutuhkan aplikasi-aplikasi berbeda, seperti file doc yang bisa dibuka oleh word ataupun sejenisnya atau .mp3 yang dibuka dengan media player.

Meskipun demikian, ada beberapa file yang tidak bisa dibuka karena ekstensi dari file tersebut terdapat proteksi oleh sebab itu untuk membukanya dibutuhkan aplikasi khusus.

Salah satunya yaitu file Enc

File Enc

Enc merupakan singkatan dari Encryption yaitu format file yang terlindungi oleh enkripsi sehingga tidak mudah diserang oleh virus berbahaya.

Jenis file ini dapat kamu temukan di smartphone ataupun Laptop, salah satunya yaitu file dari aplikasi Whatsapp yang ada di file Eksplorer.

Didalam file enc biasanya berisi data yang diradiasikan sehingga dibuat sedemikian rupa agar tidak mudah di akses oleh orang lain entah itu secara offline atau online.

Tetapi tenang saja, karena kamu dapat membuka  file ini kok. Terutama bagi pengguna laptop windows 10

Hal ini karena laptop windows 10 mempunyai salah satu fitur yang dapat mengubah ekstensi apapun ke dalam ekstensi jenis kompresi. Sehingga file yang telah dikompresi bisa dibuka.

Bagi kalian yang belum tahu tentunya akan penasaran dengan isi dari jenis ekstensi ini. Jangan khawatir disini saya akan memberikan tutorialnya.

Caranya sendiri dapat dilakukan secara online ataupun offline, dapat menggunakan aplikasi tambahan ataupun tidak.

Karena itu kita akan mencoba membuka file enc dengan cara offline tanpa aplikasi tambahan sehingga tidak perlu capek-capek install aplikasi.

perhatian

tetapi sebelumnya dipastikan kamu berhati-hati, karena jika file ini rusak maka tidak akan bisa dibuka, terlebih jika file corrupt maka tidak akan bisa dibuka.

Oleh karena itu jangan gunakan aplikasi yang bersifat merusak untuk membukanya karena akan berbahaya sekali.

Kamu dapat menggunakan fitur dari windows untuk membuka file enc dengan mudah, berikut tutorialnya.

Cara Membuka File Enc di Windows 10

Perlu kamu ketahui terlebih dahulu tentang cara membuka file enc di laptop yaitu mengenai fitur kompresi di windows 10.

Fitur ini merupakan fitur bawaan dari windows yang dapat kamu gunakan untuk mengubah file kedalam ekstensi Zip, oleh karena itu nantinya file enc kamu akan berubah menjadi file zip.

Berikut langkah-langkahnya

Pertama buka file enc yang mau kamu buka

Kemudian klik kanan pada file tersebut, pilih send to kemudian pilih compressed (zipped) folder agar file terkompresi menjadi folder zip

Cara Membuka File Enc di Windows 10

Kemudian tinggal kamu buka saja folder tersebut

Cara Membuka File Enc di Windows 10

Jika ingin kamu keluarkan isinya tinggal kamu ekstrak saja folder tersebut dengan cara klik kanan dan pilih Extract here

Penutup

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara membuka file enc di windows 10 semoga artikel ini bermanfaat.

Tetapi perlu kamu perhatikan, terkadang terjadi corrupt saat kamu berusaha melihat file tersebut sehingga file menjadi rusak. Oleh karena itu alangkah baiknya jika kamu mengcopy terlebih dahulu file yang akan kamu buka.

Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman terdekatmu

Dan seperti biasa terimakasih sudah singgah

Ruben Orang yang tertarik dengan dunia tulis menulis ;)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *