Cara Melihat Versi Windows

Cara Melihat Versi Windows – sekarang ini hampir setiap rumah pasti memiliki satu gadget dengan itu handphone, laptop ataupun Pc.

Tapi tahukah kamu, bahwa setiap perangkat tersebut mempunyai sebuah sistem operasi yang bertugas untuk menjalankannya.

Kita ambil contoh smartphone, perangkat tersebut dijalankan oleh sistem operasi berupa Android maupun iOS.

Begitu juga dengan laptop ataupun PC, kedua perangkat tersebut dijalankan oleh sebuah sistem operasi. Sistem operasi yang terkenal untuk menjalankan laptop atau PC adalah Windows dan mac OS.

Sistem-sistem operasi tersebut merupakan produk dari perusahaan, seperti Android milik Google, windows milik Microsoft, dan iOS serta mac OS milik Apple.

Karena kebanyakan dari kita menggunakan laptop windows, maka disini neprona.com lebih cenderung membahas mengenai sistem operasi ini.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih mendalam mengenai bagaimana sih melihat versi windows yang ada di laptop.

Cara Melihat Versi Windows di Laptop / PC

Bagi orang-orang yang biasa menggunakan komputer windows tentunya akan cepat paham mengenai versi dari suatu windows.

Bahkan hanya dengan melihat secara sekilas saja, maka di akan tahu versi dari windows yang sedang digunakan.

Dia dapat dengan mudah membedakan mana windows vista, windows xp, windows 7, windows 8 dan windows 10.

Tetapi bagi orang awam tentunya akan kesulitan, terlebih jika orang tersebut memerlukan versi windows untuk pekerjaannya.

Tenang saja, berikut penjelasan tentang bagaimana melihat versi windows di laptop yang kita gunakan.

Disini kita akan menggunakan dua cara, yang pertama menggunakan file eksplorer dan yang kedua menggunakan program run.

Daripada berlama-lama berikut penjelasannya.

Melihat versi windows melalui File Explorer

  • Pertama buka menu File Explorer kamu.Melihat versi windows melalui File Explorer
  • Langkah selanjutnya arakan pointer mousemu ke menu This PC yang ada di sebelah kiri layar, kemudian klik kanan pada menu tersebut sehingga muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.Melihat versi windows melalui File Explorer
  • Selanjutnya klik Properties. Selanjutnya akan tampil informasi mengenai versi windows yang sedang kamu gunakan dalam PC atau laptop kamu.Melihat versi windows melalui File Explorer

Melihat versi windows melalui Run

  • Pertama buka program Run dengan menggunakan shortcut di windows 10 yaitu Windows + R.Melihat versi windows melalui Run
  • Selanjutnya ketikan dxdiag dan tekan enter untuk mengetahui versi windows yang kamu gunakan.Melihat versi windows melalui Run
  • Selanjutnya maka akan keluar tampilan seperti gambar dibawah ini, untuk versi windowsnya dapat kamu lihat dari kotak merahMelihat versi windows melalui Run

Baca juga: Cara Melihat Password Wifi di Laptop

Demikian penjelasan mengenai cara melihat versi windows yang sedang kita gunakan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman terdekatmu, dan jika ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar.

Dan seperti biasa, terimakasih sudah singgah

Tinggalkan komentar