Cara Defragment Hardisk Windows 10

Pernah denger soal defragment pada hardisk di sistem operasi windows apa gak ?

Secara sederhana defragment merupakan salah satu fitur dari windows yang digunakan untuk mengatur tatanan file dalam hardisk agar lebih rapi sehingga jika kamu mengakses file tersebut akan lebih cepat.

Kamu bisa menggunakan defragment tool bawaan dari windows, sehingga kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan.

Tetapi perlu kamu ketahui, bahwa defragment ini hanya bisa dilakukan jika kamu memakai HDD atau Hardisk Drive

Jadi kalo penyimpananmu sudah menggunakan SSD atau Solid State Drive maka kamu tidak perlu melakukan defragment hanya perlu melakukan optimize pada SSD mu saja.

Persiapan Sebelum Defragment

Sebelum kamu melakukan defragment, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui ialah saat proses defragment kamu jangan menjalankan program-program berat.

Hal ini karena program-program tersebut dapat memakan disk ataupun memory saat dijalankan. Sehingga mengganggu atau memperlambat proses defragment.

Selain itu bisa juga kamu akan mengalami lag saat proses tersebut sehingga proses defragment akan kurang maksimal.

Sebenarnya untuk beberapa kasus, seperti mendengarkan musik atau sekedar menulis di word tidak masalah. Tetapi kembali lagi kepada spesifikasi laptop kita.

Langsung saja disini beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk defragment di laptop windows 10 lengkap dengan gambarnya.

Cara Defragment HDD Windows 10

  1. pertama ialah buka file Explorer. Selanjutnya pilih Local Disk (C:) kemudian klik kanan dan pilih Properties.Cara defragment di windows 10
  2. Langkah selanjutnya ialah pindah ke tab tools dan klik tombol Optimize.
  3. Cara defragment di windows 10
  4. tunggu beberapa saat, kemudian pilih partisi Hardisk yang hendak kamu defragment bisa semua bisa juga satu-satu(disini saya memilih semua). Kemudian klik Analyze all. Tunggu sebentarCara defragment di windows 10
  5. setelah proses analisis selesai, tinggal lakukan proses optimize all untuk menjalankan proses defragment. Untuk proses ini sendiri dapat memakan waktu yang lama bahkan hingga berjam-jam tergantung dari fragmentasi dan file yang ada di hardisk kamu.
  6. apabila proses telah selesai dan partisi hardisk kamu menunjukkan 0% fragmented maka defragment telah berhasil dan kamu bisa menutupnya.Cara defragment di windows 10

 

Penjelasan seputar defragment

Dibawah ini beberapa pertanyaan mengenai defragment.

Apakah defragment berpengaruh pada performa laptop ?

Yaps berpengaruh, kita analogikan seperti ini. Laptop mu merupakan perpustakaan, dan file merupakan buku-bukunya. Apabila buku fiksi berada di rak buku filsafat tentunya akan membingungkan.

Nah proses defragment ini sendiri bertujuan untuk menempatkan file-file pada tempatnya, sehingga saat kamu meminta komputer untuk membuka file tertentu akan lebih cepat.

Berapa kali sebaiknya defragment laptop kita ?

Untuk defragment, saya menyarankan untuk melakukannya secara manual setiap satu bulan sekali. Karena dalam satu bulan tersebut akan banyak file-file masuk dan keluar.

Sistem windows sendiri biasanya secara otomatis melakukan defragment dalam skala kecil setiap minggunya

Cara laptop Windows 10 shutdown otomatis setelah proses defragment ?

Bagi kamu yang sangat tidak suka menunggu tentunya sangat tidak suka proses defragment yang memakan waktu hingga berjam-jam.

Sehingga akan memilih untuk meninggalkannya, tetapi khawatir laptop akan rusak jika tidak dimatikan. Untuk shutdown otomatis pada windows setelah proses defragment sendiri belum ada.

Namun kamu dapat mengira-ngira dalam berapa jam proses tersebut selesai, sehingga patokannya berdasarkan waktu. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel ini

Cara mematikan laptop windows secara otomatis

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai bagaimana cara defragment di windows 10, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Dan jangan lupa untuk share artikel ini, jika ada pertanyaan atau tidak paham silahkan di kolom komentar di bawah.

Dan seperti biasa terimakasih sudah singgah

Tinggalkan komentar