Ruben Orang yang tertarik dengan dunia tulis menulis ;)

Cara Cek dan Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

Cek pajak kendaraan bermotor – halo hai sobat semua, hampir setiap orang sekarang ini mempunyai kendaraan baik itu sepeda motor, mobil maupun pesawat. Kita pasti tahu bahwa Setiap kendaraan yang kita punya mempunyai pajak yang harus dibayarkan ke SAMSAT.

Dimana pajak tersebut akan masuk ke negara dan menjadi penghasilan negara, meskipun begitu masih banyak orang yang malas untuk membayar pajak dengan berbagai alasan, mulai dari tidak punya waktu ke Samsat, lupa bahwa kendaraannya telah telat untuk membayar pajak, dan kendaraan nya bodong atau tidak mempunyai BPKB.

Sekarang ini dengan berkembangnya zaman untuk membayar pajak atau untuk mengecek sudah bisa dilakukan secara online. Baik dengan menggunakan SMS, website dan juga aplikasi. Tentu saja hal yang dilakukan pemerintah saat ini sangat bermanfaat bagi kita terlebih bagi orang yang malas ke Samsat.

Dibawah ini penjelasan lebih lanjut tentang pajak kendaraan bermotor, cara menggunakan layanan online untuk membayar ataupun mengecek kendaraan bermotor. Tak lupa cara cek kendaraan bermotor melalui SMS.

Pengertian pajak kendaraan bermotor

apa-itu-pajak-kendaraan-bermotor - neprona

Pajak kendaraan bermotor atau disingkat PKB adalah pajak untuk pemilik kendaraan bermotor yang beroperasi di darat. Besar kecilnya pajak dipengaruhi oleh dua faktor, yang pertama karena faktor nilai dan yang kedua faktor potensi kerusakan jalan dan pencemaraan udara yang ditimbulkan oleh kendaraan tersebut.

Dengan begitu kita tahu bahwa perahu tidak diwajibkan pajak. Dan besarnya pajak antara satu kendaraan dengan kendaraan lain berbeda. Pajak truk pasti lebih besar daripada pajak motor, karena potensi kerusakan dan pencemaran udara oleh truk lebih besar daripada motor.

Pajak merupakan salah satu pendapatan negara yang digunakan untuk pembangunan ataupun lainnya dan dengan membayar pajak kendaraan kita telah mendukung kelancaran pembangunan. Sebenarnya manfaat membayar pajak tidak hanya menguntungkan pemerintah tetapi juga untuk si wajib pajak.

Salah satu manfaat membayar pajak akan sangat terasa saat kita mengajukan peminjaman uang ke bank. Karena, bank juga akan melihat riwayat pembayaran pajak kendaraan bermotor kita, apakah baik atau tidak. Jika baik maka pinjaman akan lebih mudah disetujui oleh pihak bank

Untuk mengetahui besarnya pajak kendaraan bermotor dari kendaraan, cukup dengan melihat STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan dimana didalamnya telah tercantumkan besaran pajak pokok yang harus kita bayar. Tetapi jika kita mempunyai kendaraan bermotor lebih dari satu, maka besar pajak pokok antar kendaraan akan berbeda.

Hal ini disebabkan karena pajak kendaraan bersifat progresif, yang mana perhitungannya berdasarkan urutan kendaraan yang kita punya, seperti kendaraan pertama, kendaraan kedua, kendaraan dan seterusnya, berikut penjelasannya.

Urutan KepemilikanTarif Pajak
Kendaraan Pertama2%
Kendaraan Kedua2,5%
Kendaraan Ketiga+0,5%

Tabel diatas merupakan persentase pajak yang menjadi acuan perhitungan pajak dan harus dibayarkan secara tahunan bagi kendaraan pribadi. Oh ya untuk setiap daerah mempunyai persentase perhitungan yang berbeda beda.

Dibawah ini merupakan contoh kasus dan cara menghitungnya

Ilustrasi

Seorang laki-laki mempunyai 3 buah kendaraan bermotor. Maka pajak yang harus dibayar yaitu SWDKLLJ atau sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan dan pajak progresif dimana diketahui dengan rumus:

(NJKB (nilai jual kendaraan bermotor) X persentase pajak ) + SWDKLLJ

Sedangkan untuk menghitung nilai jual kendaraan bermotor yaitu dengan rumus :

(Pajak Kendaraan Bermotor : 2) X 100

Nb: pajak kendaraan bermotor telah tertera di STNK

Contoh NJKB = (Rp 3.000.000 : 2) X 100 = Rp 150.000.000 adalah Nilai Jual Kendaraan Bermotor

Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ) = Rp 150.000

Mobil 1

(NJKB (nilai jual kendaraan bermotor) X persentase pajak kepemilikan kendaraan) + SWDKLLJ

( Rp 150.000.000 X 2% ) + Rp 150.000

Jadi yang harus dibayar adalah

Mobil 2

(NJKB (nilai jual kendaraan bermotor) X persentase pajak kepemilikan kendaraan) + SWDKLLJ

( Rp 150.000.000 X 2.5% ) + Rp 150.000

Jadi yang harus dibayar adalah

Mobil 3

(NJKB (nilai jual kendaraan bermotor) X persentase pajak kepemilikan kendaraan) + SWDKLLJ

( Rp 150.000.000 X 3% ) + Rp 150.000

Jadi yang harus dibayar adalah

jenis pajak kendaraan bermotor

jenis-pajak-kendaraan-bermotor - neprona

ada dua jenis pajak yang harus dibayarkan oleh pemilik kendaraan bermotor yaitu pajak kendaraan tahunan dan juga pajak kendaraan lima tahunan

pajak kendaraan tahunan

pajak kendaraan tahunan merupakan pengesahan pajak STNK setiap tahunnya. Cara mengurusnya dapat dilakukan dengan datang langsung ke Samsat yang ada di wilayah kita atau dengan menggunakan fasilitas online yang telah disediakan oleh pemerintah

meskipun telah terdapat fasilitas online tetapi hanya beberapa daerah saja yang bisa menggunakan fasilitas ini, karena fasilitas online pembayaran pajak kendaraan bermotor belum merata ke seluruh penjuru Indonesia.

Adapun persyaratan yang harus disiapkan untuk membayar pajak kendaraan tahunan adalah sebagai berikut :

  • Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK (asli)
  • Kartu Tanda Penduduk atau KTP (asli)
  • Uang untuk membayar pajak

Nb : Nama yang ada di KTP harus sama dengan nama yang tercantum di STNK atau BPKB kita

Pajak Kendaraan Lima Tahunan

Pajak ini disebut juga dengan pajak pergantian STNK, karena itu juga plat nomor anda juga akan diganti dengan yang baru. Untuk saat ini Pajak Kendaraan Lima Tahunan masih belum bisa dibayarkan secara Online, jika kita hendak membayar pajak kendaraan lima tahunan maka kita perlu pergi ke kantor Samsat, karena disana juga kendaraan kita akan diperiksa kembali oleh petugas.

Adapun persyaratan yang harus disiapkan untuk membayar pajak kendaraan tahunan adalah sebagai berikut :

  • Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK (asli)
  • Kartu Tanda Penduduk atau KTP (asli)
  • Bukti Pembayaran Kendaraan Bermotor (asli)
  • Formulir Cek Fisik Kendaraan (Tersedia Di Kantor Samsat)
  • Uang untuk membayar pajak

Apabila semua kelengkapan tersebut telah terpenuhi dan telah diserahkan ke loket, maka kita akan menerima slip biaya pembayaran pajak lima tahunan. Setelah membayar slip tersebut, maka kita akan menerima tanda lunas.

Setelah itu kita akan mendapat informasi kapan pengambilan STNK baru, informasi pengambilan STNK baru biasanya tertera di STNK lama.

Cara cek pajak kendaraan bermotor online 2019

cara-cek-kendaraan-bermotor-online - neprona

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa pajak kendaraan tahunan dapat kita bayar secara online tanpa perlu ke kantor Samsat. Kita Pun juga bisa mengecek pajak kendaraan bermotor melalui website yang ada didaerah kita.

Dalam website samsat kita dapat memperoleh beberapa informasi seperti tanggal tempo pajak dan jumlah uang yang harus dibayarkan untuk membayar pajak. Meskipun tidak semua wilayah mempunyai layanan e-samsat atau layanan online. Di bawah ini merupakan situs Samsat yang tersedia sekarang ini dan cara mengecek pajak kendaraan kita

cek pajak kendaraan bermotor DKI Jakarta

untuk kendaraan yang terdaftar di DKI Jakarta, untuk melihat Pajak Kendaraan Bermotor atau PKB kamu bisa langsung mengunjunginya di https://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_KBM, dibawah ini merupakan langkah langkahnya

  1. Masuk situs diatas
  2. Mengisi formulir dengan data yang sesuai dan plat nomor kendaraan, setelah itu masukan kode verifikasi dan klik “Proses”
  3. Setelah halaman baru muncul kamu dapat melihat berbagai informasi yang ada didalamnya, dan carilah informasi sesuai yang dibutuhkan.

Nominal yang ada didalamnya merupakan Pajak Kendaraan Bermotor normal atau belum termasuk dengan pajak progresif dan denda jika telat membayar pajak.

cek pajak kendaraan bermotor yogyakarta

untuk kendaraan di wilayah Yogyakarta atau kendaraan dengan plat AB dapat mengecas dengan mengunjungi situs http://infonjkbdiy.com/, dibawah ini merupakan langkah untuk mengetahui PKB

  1. Kunjungi situs diatas
  2. Masukan Nopol atau nomor polisi kita
  3. Klik tombol “submit” dan tunggu hingga halaman baru muncul
  4. Setelah muncul kita dapat melihat Pajak Kendaraan Kita, disini kita juga bisa melihat Nilai Jual Kendaraan Bermotor kita

cek pajak kendaraan Bermotor Jawa Barat

untuk area jawa Barat dapat mengunjungi langsung mengunjugi situs https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/, didalamnya kita juga bisa melihat informasi tentang pajak kendaraan. Dibawah ini merupakan langkah-langkahnya

  1. Kunjungi situs tersebut
  2. Masukan nomor kendaraan kamu sesuai yang ada di plat
  3. Masukan TNKB sesuai dengan warna
  4. Masukan kode captcha dan Klik tombol “cari” tunggu hingga prosesnya telah selesai.

Meskipun telah memiliki layanan online berbasis web, tetapi pengecekan pajak kendaraan masih menggunakan layanan pesan singkat. Untuk metode pembayaran dapat dengan Internet banking, ATM atau SMS banking

Besaran nominal yang ada merupakan pajak normal belum termasuk pajak progresif dan juga denda telat bayar pajak.

cek pajak kendaraan bermotor Jawa Tengah

untuk wilayah jawa tengah sendiri kita dapat mengunjungi situs http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/, didalamnya kita juga bisa melihat informasi tentang pajak kendaraan. Dibawah ini merupakan langkah-langkahnya

  1. Kunjungi situs tersebut
  2. Masukan nomor kendaraan kamu sesuai yang ada di plat
  3. Klik tombol “submit” tunggu hingga proses selesai atau halaman baru muncul

Besaran nominal yang ada merupakan pajak normal belum termasuk pajak progresif dan juga denda telat bayar pajak.

cara cek pajak kendaraan Jawa Timur

jika kendaraanmu terdapafatar di wilayah Jawa Timur atau Jatim maka kamu dapat melihat Pajak Kendaraan Bermotor atau PKB kamu di http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan, dibawah ini merupakan langkah langkahnya

  1. kunjungi situs diatas
  2. isilah plat nomor kendaraan, setelah itu masukan kode verifikasi dan klik “Cari”
  3. Setelah itu maka halaman baru akan muncul, kamu dapat melihat berbagai informasi yang ada didalamnya, dan carilah informasi sesuai yang kamu butuhkan.

biaya yang muncul merupakan Pajak Kendaraan Bermotor normal atau belum termasuk dengan pajak progresif dan denda jika telat membayar pajak.

itulah beberapa cara untuk mengecek pajak kendaraan anda, semoga artikel ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kita semua

dan seperti biasa, terima kasih sudah mampir

Ruben Orang yang tertarik dengan dunia tulis menulis ;)

Bahasa Korea Untuk Terima Kasih

Bahasa Korea Terima Kasih – halo hai sobat semua. Korea, siapa sih yang kenal dengan negara ini. Negara yang mempunyai beragam karya terutama dalam...
Ruben
3 min read

Bahasa Korea Untuk Semangat

Bahasa Korea Semangat – halo hai sobat semua. Apa kabarnya kalian pada hari ini ? masih semangat menjalani hidup kan, hehehe Ngomong-ngomong soal “semangat”...
Ruben
3 min read

Gedung Tertinggi Di Dunia

Gedung tertinggi di dunia – halo hai sobat semua. Pernah gak kamu melihat gunung pencakar langit yang berada di kota kota besar. Mungkin kamu...
Ruben
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *