15 Ide Desain Ruang Tamu

Ide Desain Ruang Tamu – Halo semua, bagi kita mempunyai rumah merupakan salah satu kebutuhan hidup selain sandang dan pangan.

Sehingga tak jarang banyak orang yang menghabiskan banyak hartanya untuk membuat rumah sebagus mungkin agar nyaman ditinggali.

Salah satu ruangan yang paling disorot pertama kali ialah ruang tamu. Yaps, karena ruangan ini merupakan tempat yang sangat disorot ketika seseorang datang ke rumah kita.

Dibawah ini merupakan beberapa ide bagi kamu untuk desain ruang tamu yang bagus dan tentunya membuat para tamu yang datang akan nyaman berada di rumah mu.

Desain Ruang Tamu Minimalis

Desain yang pertama tentu saja desain yang sangat digemari oleh banyak orang yaitu desain ruang tamu yang minimalis, tidak banyak barang, luas namun terlihat elegan.

Salah satu cara untuk membuat ruang tamu menjadi minimalis ialah dengan memberi cat ruang tamu dengan warna yang sejuk seperti cream atau putih dan hindari menggunakan warna yang terlalu mencolok seperti merah, kuning ataupun hitam

Berikut beberapa ruang tamu minimalis yang dapat kamu jadikan referensi

Ide Desain Ruang Tamu Minimalis

ide desain ruang tamu minimalis 1

jika kamu mempunyai ruangan yang sedikit luas maka desain ruang tamu diatas dapat kamu jadikan referensi untuk mendekorasi rumah mu.

hanya dengan satu sofa berukuran sedang dan satu kursi dengan bentuk bantal membuat ruang tamu terlihat lebih elegan tetapi juga nyaman bagi setiap tamu yang berkunjung ke rumah mu.

kamu juga dapat memberikan TV di dinding agar ruang tamu kamu terlihat lebih terisi atau juga dapat beberapa lukisan atau pernak-pernik.

Ide Desain Ruang Tamu Minimalis

ide desain ruang tamu minimalis 2

Desain ruang tamu yang kedua ini juga sangat bagus terutama buat kamu yang mempunyai ruangan yang luas.

terlihat ruang tamu terasa lebih longgar dan lebih lapang. Dengan sofat di pinggir dinding membuat bagian depannya dapat kamu beri coffee table.

Tak hanya itu kamu juga dapat memberikan gantungan di sebelah samping sofa untuk menggantung topi, jas, jaket ataupun lain sebagainya.

Ide Desain Ruang Tamu Minimalis

ide desain ruang tamu minimalis 3

Buat kamu yang mempunyai ruangan yang sempit mungkin bisa menjadikan desain diatas.

Dengan satu sofa sedang dan satu kursi kecil membuat ruangan terlihat lebih minimalis dan tidak memakan banyak tempat. Kamu juga dapat memberikan karpet di bagian bawah agar membuat ruang tamu kamu lebih estetik.

Atur warna dinding dan kursi yang selaras agar ruang tamu tidak terlihat aneh, lebih baik pilih warna warna yang tidak mencolok seperti hitam, putih atau abu-abu.

Desain Ruang Tamu Modern

 

desain ruang tamu modern

Semakin berkembangnya zaman, maka teknologi juga akan semakin bertambah canggih. Hal itu dapat kamu manfaatkan untuk mendesain ruang tamu mu agar terlihat lebih modern atau futuristik.

Kamu dapat memberi sofa atau tempat duduk ruang tamu yang berbeda dari biasanya, terkesan unik namun nyaman untuk diduduki.

Kamu dapat mencari sofa ruang tamu bertema modern yang bertebaran di Internet.

Dilihat diatas terdapat sofa hitam yang sekaligus juga dapat kamu jadikan seperti ranjang. Pada bagian dinding dapat kamu beri tambahan foto-foto yang kamu miliki ataupun lukisan abstrak supaya terlihat lebih modern.

Desain Ruang Tamu Mewah

Bagi kamu yang mempunyai rumah luas dan ruang tamu yang luas, kamu bisa membuat desain ruang tamu yang mewah.

Kamu dapat memberikan sofa yang besar, jam gandul, televisi, meja dan berbagai perabotan lainnya.

Kamu juga bisa memberikan dekorasi ruang tamu tambahan seperti koleksi gerabah yang kamu punyai, akuarium yang berisikan ikan-ikan dan lain sebagainya.

Berikut beberapa ide desain ruang tamu yang terlihat mewah.

desain ruang tamu mewah

Desain ruang tamu mewah diatas mungkin bisa menjadi gambaran buat kamu yang mempunyai ruangan luas.
Desain yang elegan, perpaduan warna yang pas dan perabotan rumah tangga yang mewah membuatnya lebih cantik.

ruang tamu terlihat mewah

Jika kamu mau ide desain ruang tamu yang lain, mungkin bisa mencoba desain diatas.

Dengan furniture sofa mewah membuat ruang tamu menjadi sangat elegan. Kamu juga dapat memberikan meja kaca agar terlihat lebih cantik.

Usahakan agar ruang tamu kamu mendapat pencahayaan yang pas ya.

ruang tamu mewah

Pengen desain ruang tamu yang lagi, bagaimana dengan desain diatas ?

Dengan desain sofa melingkar dan satu meja kaca di tengah, membuat para tamu dan kamu lebih leluasa untuk ngumpul dan ngobrol.

Pada bagian dinding juga dapat kamu beri rak untuk berbagai aksesoris menarik.

Desain Ruang Tamu Lesehan

Desain ruang tamu lesehan

Selain beberapa ide desain ruang tamu diatas, kamu juga dapat mencoba desain ruang tamu yang out of the box yaitu desain ruang tamu lesehan atau tidak menggunakan sofa ataupun kursi.

Walaupun sekarang ini ruang tamu identik dengan sofa dan kursi namun kamu dapat berkreasi tanpanya.

Alih-alih menggunakan kursi, kamu dapat menggunakan bantal untuk alas duduk. Dengan ruang tamu lesehan atau tanpa kursi maka membuat ruangan tersebut lebih luas dan cocok bagi kamu yang mempunyai balita.

Jika kamu pengen desain ruang tamu model lesehan, mungkin beberapa gambar dibawah ini dapat kamu jadikan referensi

Mungkin kamu bisa mencoba desain ruang tamu lesehan, meskipun terkesan kuno tapi desain ini lebih nyaman bagi kita orang Indonesia. Terlihat dengan satu meja putih di tengah dan alas karpet, membuat para tamu akan sangat nyaman.

Desain Ruang Tamu Mungil

Ruang-Tamu-Mungil

Siapa bilang dengan ruangan kecil kita tidak bisa membuat ruang tamu yang indah dan nyaman.

Jika kamu mempunyai ruangan yang kecil untuk ruang tamu, kamu dapat mencontoh desain ruang tamu seperti gambar diatas.

Kamu juga dapat mendekorasi ruang tamu mungil dengan sedikit hiasan, sehingga tidak terkesan monoton dan lebih elegan.

Terlihat diatas dapat kamu lihat bahwa walaupun ruangan terkesan sempit namun dapat kamu lihat ruangan tersebut sangat nyaman.

Desain Ruang Tamu Terbuka

Apakah kamu punya sebuah ide untuk membuat sebuah ruang tamu dengan tema ruang terbuka, jika demikian mungkin gambar diatas dapat kamu jadikan referensi.

Dengan tema ruangan terbuka maka suasana dapat terasa menyegarkan seperti berada di ruang bebas.

Mungkin tema ruang tamu terbuka masih sedikit yang menerapkan di rumah-rumah, tetapi jika kamu mau out of the box, mungkin kamu dapat mencoba ide gila ini, hehehe.

Maksud dari terbuka ialah para tamu seakan-akan dapat melihat halaman luar langsung tanpa adanya kaca ataupun penghalang.Ruang tamu terbuka

Desain Ruang Tamu Vintage

desain-ruang-tamu-vintage

Apa kamu sedang suka dengan gaya ruang tamu vintage, mungkin dengan menggunakan ruang tamu jenis ini dapat membuat rumah mu menjadi antik.

Vintage memang mempunyai arti bergaya tua atau kesan lampau.

Dengan kursi kayu bersofa merah dan juga meja kayu kuno, tetap membuat ruang tamu yang satu ini nyaman dan enak untuk ngobrol bareng. Ditambah lagi ada beberapa aksesoris lampau.

Bagaimana, apa kamu pengin membuat ruang tamu rumah kamu bergaya vintage ?

Desain Ruang Tamu Type 36

Desain-Ruang-Tamu-Type-36

Buat kamu yang punya rumah type 36/90, maka kamu dapat menggunakan ide ini untuk membuat rumah kamu.

Terlihat dengan dua sofa dan tanpa meja membuat ruang tamu ini lebih longgar, pada bagian depan juga terdapat rak untuk pot ataupun barang lainnya.

Pemilihan warna sofa dan lantai juga sangat pas, sehingga membuatnya serasi dan tidak kontras.

Selain dijadikan sebagai ruang tamu, ruangan ini juga dapat kamu gunakan sebagai ruang keluarga atau ruang ngumpul.

Karena seperti yang kita tahu bahwa dengan luas bangunan yang hanya segitu maka tidak dapat kita mengharapkan yang lebih, namun dapat kita atasi dengan berbagai ide-ide yang banyak tersebar di internet.

Wallpaper Dinding Ruang Tamu

berikut dibawah ini merupakan beberapa ide wallpaper dinding ruang tamu yang dapat kamu jadikan ide untuk ruang tamu kamu.

wallpaper dinding

wallpaper dinding simpel

Dengan wallpaper maka kamu tak perlu lagi mengecat rumah kamu, selain itu juga ada berbagai pilihan berikut berbagai ide wallpaper untuk ruang tamu kamu

Penataan Ruang Tamu

penataan ruang tamu

buat penataan ruang tamu sendiri tergantung dengan kebutuhan atau keinginan masing-masing orang. Jadi bisa saja setiap orang mempunyai pandangan yang berbeda-beda.

Namun pada kali ini kita akan membuat beberapa dasar-dasar mengenai penataan ruang tamu.

Tempat duduk : kursi atau sofa

Hal pertama menjadi perhatian kita untuk penataan ruang tamu tentu saja tempat duduk.

Kamu dapat memilih antara sofa ataupun kursi. Tentu saja keduanya mempunyai plus minusnya sendiri-sendiri.

Untuk ukuran tentu saja sofa lebih besar dibandingkan dengan kursi, rasanya yang empuk dan nyaman membuat tempat duduk ini menjadi primadona untuk menghias ruang tamu.

Namun sekarang ini ada berbagai kursi yang dapat kamu jadikan tempat duduk untuk rumah kamu, ukurannya yang tidak terlalu besar, membuat ruang tamu terasa lebih besar dan minimalis.

Meja Ruang Tamu

Selain tempat duduk, kamu juga perlu menyiapkan meja. Sebenarnya meja dalam ruang tamu itu seperti butuh dan tidak butuh.

Jika kamu ingin ada meja di ruang tamu, maka pastikan meja tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah dari kursi, agar para tamu dapat nyaman saat akan mengambil sesuatu yang ada di meja.

Pengaturan cahaya

Pengaturan cahaya merupakan salah satu aspek penting dalam penataan ruang tamu.

Apabila penerangan atau jalan masuknya cahaya tepat, maka ruang tamu akan terlihat lebih indah dan tidak membosankan atau terasa kering.

Kamu dapat memberikan lampu yang agak redup selain lampu utama, atau dapat memberikan penerangan langsung dari jendela.

Fungsi dari pencahayaan tidak hanya untuk mempermudah kita dalam berkegiatan karena terang, tetapi juga sebagai menghidupkan suasana di ruang tamu sehingga lebih nyaman.

Tempat Penyimpanan

Perabotan ini juga tak kalah penting, dengan adanya lemari atau tempat penyimpanan kamu dapat membuat ruang tamu lebih tertata dan juga rapi.

Kamu dapat membeli lemari kecil ataupun meja dengan laci, sehingga lebih menghemat ruang tamu.

Namun jika ruang tamu kamu terasa lebih sempit jika diberi storage maka alangkah baiknya jika kamu tak perlu memberinya.

Material Lantai

Untuk lantai sendiri setiap orang berbeda-beda, mungkin bagi orang yang rumahnya tidak memperbolehkan alas kaki masuk dapat memakai permadani di bagian bawah tempat duduk.

Namun jika rumah kamu termasuk rumah yang memperbolehkan alas kaki masuk, maka kamu dapat memilih material lantai dari keramik ataupun marmer

Satu hal yang perlu kamu pahami, dalam material lantai usahakan untuk senada dengan cat atapun wallpaper yang ada di dinding ruang tamu kamu.

Souvenir Pelengkap

Souvenir atau pajangan merupakan salah satu point yang sebaiknya ada di ruang tamu kita, agar ruang tamu kita tidak terlihat gersang atau hampa.

Kamu dapat memberikan hiasan berupa tanaman, lukisan, ataupun pernak-pernik lainnya.

Tetapi sekali lagi, hiasan di ruang tamu juga jangan terlalu banyak. Agar tidak membuat ruang tamu terlihat lebih sempit.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai ide desain ruang tamu yang dapat kamu terapkan di rumah kamu sehingga membuat kamu semakin betah tinggal dirumah.

Tinggalkan komentar